16 December 2015

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Menurut Para Ahli

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Menurut Para Ahli. Kecerdasan manusia akan berkembang baik apabila faktor diluar dirinya yang mempengaruhi mendukung. Dalyono berpendapat ada lima faktor yang mempengaruhi kecerdasan yaitu pembawaan, kematangan, pembentukan, minat dan pembawaan yang khas, dan kebebasan (2009: 188).

Pembawaan ditentukan oleh sifat dan ciri yang dibawa sejak lahir. Batas kesanggupan seseorang yakni dapat dan tidaknya memecahkan suatu masalah, salah satunya ditentukan oleh pembawaan. Kemampuan seseorang yang berbeda-beda, karena salah satu faktor yang mempengaruhi ialah pembawaan. Manusia yang dari kecil di didik bersamaan, tetapi suatu perbedaan akan tetap ada.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Menurut Para Ahli
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan
Tiap organ dalam tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Kecerdasan dan fisik manusia dapat dikatakan matang apabila dapat menjalankan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, seorang anak kecil belum mampu berpikir seperti orang dewasa karena kecerdasan dalam dirinya belum matang. Organ tubuh dan fungsi jiwanya belum matang untuk menyelesaikan soal tersebut, dan kematangan sangat berpengaruh dengan faktor umur

Pembentukan ialah segala keadaan di luar diri seseorang yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan. Pembentukan dapat dibedakan menjadi dua yaitu pembentukan sengaja (seperti yang dilakukan di sekolah) dan pembentukan tidak sengaja (pengaruh alam sekitar). Pembentukan yang dilakukan di sekolah dan alam sekitar adalah faktor dari luar diri individu.

Minat mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan. Minat merupakan dorongan bagi perbuatan seseorang. Dalam diri manusia terdapat dorongan atau motif yang dapat membuat manusia untuk berinteraksi dengan dunia luar. Minat dan pembawaan yang khas ini juga termasuk faktor yang mempengaruhi kecerdasan.

Faktor yang mempengaruhi kecerdasan terakhir yaitu kebebasan. kebebasan berarti bahwa manusia dapat memilih metode tertentu dalam memecahkan masalah-masalah. Manusia memiliki kebebasan memilih metode, dan bebas pula memilih masalah sesuai dengan kebutuhannya. Adanya kebebasan disini berarti  minat itu tidak selamanya menjadi syarat dalam perbuatan seseorang.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanya Dika

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih