16 December 2015

Kemampuan Afektif Siswa Belajar dalam Agama Buddha

Kemampuan Afektif Siswa Belajar dalam Agama Buddha. Sang Buddha bersabda dalam Dhammapada BAB XIV syair 183 (2005), bahwa:
“...tidak melakukan segala bentuk kejahatan, mengembangkan kebajikan dan membersihkan batin; inilah ajaran para Buddha...”.
Berdasarkan sabda Sang Buddha di atas, dijelaskan bahwa tidak boleh melakuakan segala bentuk kejahatan baik yang diseganja maupun tidak, dan mengembangkan kebajikan atau perbuatan-perbuatan baik melalui ucapan, pikiran dan perbuatan, serta membersihkan batin dari segala bentuk pikiran-pikiran buruk dan mengembangkan pikiran-pikiran baik. Ini adalah ajaran semua para Buddha. Hal ini berkaitan dengan sikap yang dimiliki setiap individu. Sikap seseorang yang baik dan tidak melakukan kejahatan serta mengembangkan perbuatan baik tentu dengan berpedoman pada ajaran agama yang diyakininya, karena dengan berpedoman dan menjadikan agama sebagai pengangan hidup, seseorang bisa bersikap baik dan menjauhkan dirinya dari hal-hal buruk sehingga dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik tanpa melanggar norma dan aturan yang berlaku baik dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Kemampuan Afektif Siswa Belajar dalam Agama Buddha
Kemampuan Afektif Siswa Belajar dalam Agama Buddha
Pemahaman yang mendalam terhadap arti penting materi pelajaran khususnya agama yang disajikan guru serta prefensi kognitif yang mementingkan kecakapan ranah afektif para siswa. Peningkatan kecakapan ini, antara lain berupa kesadaran beragama yang mantap. Dampak positif lainnya adalah dimilikinya sikap mental keagamaan yang lebih tegas dan lugas sesuai dengan tuntunan ajaran agama yang telah ia pahami dan yakini secara mendalam. Sebagai contoh, apabila seorang siswa diajak kawannya untuk berbuat tidak senonoh seperti melakukan seks bebas, minum-minuman keras, ia akan serta merta menolak dan bahkan berusaha mencegah perbuatan asusila itu dengan segenap daya dan upaya (Syah, 2013: 53).

Kemampuan Afektif Siswa Belajar dalam Agama Buddha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanya Dika

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih