16 December 2015

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli. Pada dasarnya belajar mengandung pengertian yang sangat luas. Para ahli mendefinisikan pengertian belajar berdasarkan pada sudut pandang serta pengalaman yang berbeda-beda. Dahar (2006: 2) menyatakan bahwa belajar adalah proses di mana siswa berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. Setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda-beda untuk memahami segala sesuatu meskipun melakukan hal yang sama. Dalam pengertian tersebut mengandung arti pentingnya sebuah pengalaman dalam belajar.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Belajar Menurut Para Ahli
Hosnan (2014: 7) menyatakan bahwa belajar pada hakikatnya adalah suatu proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu siswa. Belajar dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada pencapaian tujuan dan proses melalui berbagai pengalaman yang diciptakan guru. Proses interaksi dalam belajar sangat penting dalam rangka pencapaian tujuan. Interaksi menunjukkan bahwa lingkungan dapat dijadikan siswa sebagai sumber belajar.

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 2010: 2). Berdasarkan pendapat di atas belajar lebih menekankan kepada perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku dipandang sebagai suatu proses belajar.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan pengertian belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu secara sadar tanpa paksaan, melalui tahapan dipengaruhi oleh interaksi baik oleh guru maupun lingkungan sekitar dengan perubahan relatif mantap ke arah yang lebih baik. Belajar tidak hanya sebatas untuk mendapatkan nilai di sekolah. Tingkat keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh pola interaksi baik dengan guru maupun lingkungan sekitar.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanya Dika

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih