16 December 2015

Pengertian Emosi Menurut Para Ahli

Pengertian Emosi Menurut Para Ahli. Emosi merupakan suatu keadaan atau perasaan tertentu yang menyertai setiap perilaku individu. Perasaan-perasaan tersebut seperti gembira, bahagia, putus asa, terkejut, dan benci. Emosi juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk energi batiniah yang muncul dari pusat alam perasaan seseorang yang merupakan daya pendorong untuk menuju hidup yang lebih baik.

Emosi mengacu kepada ketegangan yang terjadi pada individu akibat dari tingkat kemarahan yang tinggi. Dari segi etimologi emosi berasal dari akar kata bahasa latin “movere” yang berarti menggerakkan atau bergerak. Kemudian ditambah dengan awalan “e” untuk memberi arti “bergerak jauh” (Surya, 2007: 112).
Pengertian Emosi Menurut Para Ahli
Emosi Menurut Para Ahli
Sarlito Wirawan Sarwono (Surya, 2007: 115) berpendapat bahwa emosi merupakan setiap keadaan pada diri seseorang yang disertai warna efektif baik pada tingkat lemah (dangkal) maupun pada tingkat yang luas (mendalam). John Waston (Yusuf, 2011: 118) mengemukakan ada tiga pola dasar emosi, yaitu takut, marah, dan cinta (fear, anger, and love). Ketiga jenis emosi tersebut menunjukkan respon pada stimulus tertentu, tetapi kemungkinan terjadi perubahan.

Menurut Sugono, dkk., (2008: 368) Emosi adalah luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat, keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis (seperti kegembiraan, kesedihan, keharuan, kecintaan) keberanian yang bersifat subjektif. Berdasarkan berbagai pendapat tersebut maka emosi dapat diartikan sebagai suatu gejala yang menimbulkan efek pada sikap dan tingkah laku dalam bentuk ekspresi tertentu. Emosi dirasakan secara psiko-fisik karena terkait langsung dengan perasaan dan fisik. Ketika emosi bahagia meledak-ledak, ia secara psikis memberi kepuasan. Emosi seperti halnya perasaan yang bergerak dari positif sampai dengan yang bersifat negatif.

Pengertian Emosi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanya Dika

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih