16 December 2015

Pengertian Kecerdasan Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Menurut Para Ahli. Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan individu dalam belajar. Kecerdasan juga dapat membuat individu meraih kesuksesan dalam hidupnya. Dalam mengartikan kecerdasan atau intelegensi, para ahli mempunyai pengertian yang beragam. Kecerdasan menurut Howard Gardner (Agus, 2005: 81) adalah kemampuan untuk memecahkan atau menciptakan sesuatu yang bernilai bagi budaya tertentu. Kecerdasan menurut Gardner yaitu suatu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengatasi masalah dan dapat menciptakan seseuatu yang memiliki nilai.

David Wescler juga memberi pengertian kecerdasan sebagai suatu kapasitas umum dari individu untuk bertindak, berpikir rasional dan berinteraksi dengan lingkungan secara efektif (Syaiful, 2010: 82). Kutipan tersebut menyatakan bahwa kecerdasan merupakan suatu kemampuan individu yang dapat berpikir dan bertindak secara baik. Chaplin (Yusuf, 2011: 106) mengartikan intelegensi sebagai kemampuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru secara cepat dan efektif.
Pengertian Kecerdasan Menurut Para Ahli
Kecerdasan Menurut Para Ahli
Kecerdasan adalah kesempurnaan perkembangan akal budi seperti kepandaian, dan ketajaman pikiran (Sugono, dkk., 2008: 262). Kecerdasan bukanlah suatu yang bersifat kebendaan, melainkan fisik ilmiah untuk mendeskripsikan perilaku individu yang berkaitan dengan kemampuan intelektual. Dapat disimpulkan bahwa kecerdasan merupakan kemampuan untuk menguasai kemampuan tertentu. Secara umum kecerdasan dapat dipahami sebagai kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang baru secara cepat dan efektif.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pikiran yang sempurna adalah bebas dari kekotoran batin. Kecerdasan tidak hanya suatu kemampuan yang terlihat, tetapi pikiran yang bebas dari kotoran batin juga merupakan suatu kecerdasan. Seseorang yang mampu menyempurnakan pikirannya dari kekotoran batin, sesungguhnya orang tersebut dapat dikatakan mempunyai kecerdasan.

Pengertian Kecerdasan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanya Dika

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih