16 December 2015

Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli. Mahasiswa merupakan sebutan bagi seseorang yang sedang menjalani masa perkuliahan di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Mahasiswa mempunyai umur rata-rata sekitar 18-21 tahun. Ditinjau dari segi psikologi mahasiswa berada pada fase remaja akhir dan dewasa awal (Nurhayati, 2011: 50). Fase remaja akhir dan dewasa awal merupakan masa transisi kepribadian dengan pola pikir menuju kedewasaan. Masa transisi kepribadian mahasiswa dapat mulai terlihat dari cara berpola pikir. Mahasiswa cenderung mulai memikirkan tentang masa depan secara lebih serius. Rasa tanggungjawab atas diri sendiri akan semakin besar. Bagi mahasiswa pemikiran tentang karier menjadi salah satu pokok permasalah utama.
Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli
Mahasiswa Menurut Para Ahli
Yusuf & Nani M. Sugandhi (2011: 119) mengatakan bahwa berdasarkan fase perkembangan peran, tugas, dan tanggung jawab mahasiswa tidak hanya tentang pencapaian kesuksesan secara akademik. Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan perilaku dan pribadi untuk mengeksplorasi berbagai gaya hidup dan nilai sosial selain kesuksesan secara akademik. Mahasiswa sudah menjadi bagian dari masyarakat seutuhnya dengan peran yang nyata. Wujud peran nyata mahasiswa yaitu melalui pelaksanakan nilai dan norma yang ada didalam masyarakat dengan baik. Prestasi secara akademik yang bagus dengan ditunjang karakter yang baik di lingkungan masyarakat menunjukan kesuksesan akademik mahasiswa secara keseluruhan.

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa kesuksesan akademik mahasiswa terwujud dalam Indeks Prestasi (IP), pola hidup sehari-hari, dan praktik ajaran agama. Indeks prestasi menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran. Indeks prestasi akan menunjukkan nilai-nilai sebagai syarat kelulusan dan hasil selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Nilai yang tinggi menunjukkan keberhasilan dalam belajar materi perkuliahan. Pola hidup sehari-hari merupakan sikap dan kebiasaan mahasiswa. Kebiasaan terbentuk dari manifestasi nilai-nilai sosial yang diajarkan saat perkulihan dan pengaruh lingkungan. Kebiasaan dan sikap yang baik menunjukkan kesuksesan mahasiswa dalam mempraktikkan teori-teori yang dipelajari saat perkuliahan. Praktik agama merupakan kebutuhan mental setiap manusia. Praktik agama yang baik menunjukkan kesuksesan mahasiswa dalam menyerap lebih dalam nilai-nilai mental dalam aktivitas perkuliahan.

Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanya Dika

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih