16 December 2015

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli. Metode secara harfiah berarti “cara” yaitu cara melakukan suatu kegiatan dengan menggunakan fakta dan konsep-konsep secara sistematis (Syah, 2010: 198).
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Metode Pembelajaran
 Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli
Metode pembelajaran menurut para ahli
Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal (Sanjaya, 2006: 147).

Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan (KBBI, 1995 dalam Iskandarwassid, 2009: 56).

Menurut Pupuh Fathurrahman dalam Suyadi (2013: 15) metode adalah suatu cara atau prosedur yang ditempuh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis yang dilakukan oleh seorang guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Metode pembelajaran merupakan seperangkat komponen yang telah dikombinasikan secara optimal untuk kualitas pembelajaran (Riyanto dalam Taniredja, 2012: 1).

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan cara melakukan atau menyajikan, menguraikan, dan memberi latihan kepada siswa. Metode pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai cara untuk menyampaikan materi saja, tetapi juga mempunyai tugas untuk mengelola kegiatan pembelajaran yang menciptakan interaksi satu arah, dua arah, atau banyak arah sehingga siswa dapat belajar dengan baik untuk mencapai tujuan belajar secara tepat.

Dalam melaksanakan pembelajaran perlu dipikirkan metode  pembelajaran yang tepat. Beberapa metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran antara lain; metode ceramah adalah cara menyampaikan materi ilmu pengetahuan dan agama kepada siswa secara lisan. Metode tanya jawab adalah mengajukan pertanyaan kepada siswa. Metode diskusi adalah salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya. Metode tulisan adalah metode mendidik dengan huruf atau symbol apa pun. Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah metode yang digunakan untuk memecahkan masalah siswa dengan menganalisis masalah terlebih dahulu. Metode praktik adalah mendidik dengan memberikan materi pelajaran baik menggunakan alat atau benda. Metode kerja sama adalah upaya saling membantu antara dua orang atau lebih dalam menyelesaikan masalah untuk mewujudkan kesejahteraan bersama (Majid, 2009: 137).

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanya Dika

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih