31 January 2016

Hakikat Belajar Mengajar

Hakikat Belajar Mengajar. Peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar adalah sebagai subyek dan sebagai obyek dari kegiatan pengajaran. Karena itu, inti proses pengajaran tidak lain adalah kegiatan belajar peserta didik dalam mencapai suatu tujuan pengajaran. Tujuan pengajaran tentu saja akan dapat tercapai jika peserta didik berusaha secara aktif untuk mencapainya. Keaktifan peserta didik di sini tidak hanya dituntut dari segi fisik, tetapi juga dari segi kejiwaan. Bila hanya fisik peserta didik yang aktif, tetapi pikiran dan mentalnya kurang aktif, maka kemungkinan besar tujuan pembelajaran tidak tercapai. Ini sama halnya peserta didik tidak belajar, karena peserta didik tidak merasakan perubahan di dalam dirinya. Padahal belajar pada hakikatnya adalah “Perubahan” yang terjadi di dalam diri seseorang setelah berakhirnya aktifitas belajar.

Hakikat Belajar Mengajar
Hakikat Belajar Mengajar

Perubahan yang terjadi pada peserta didik tidak semuanya bisa dikategorikan belajar, misalnya, perubahan fisik, sombong, pemboros dan sebagainya. Perubahan yang dikategorikan belajar adalah perubahan yang mengarah ke hal-hal yang bersifat baik. Bahwa ilmu yang dimiliki dapat mengubah seseorang ke arah yang lebih baik.

Pendidik dalam proses belajar mengajar sangat berperan penuh dalam perubahan yang dialami peserta didik. Di sini, pendidik diharapkan mampu mengubah peserta didik ke arah yang lebih baik dengan menggunakan metode yang berhasil guna agar tujuan hakikat belajar mengajar dapat terealisasikan.

Hakikat Belajar Mengajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih