31 January 2016

Metode Pembelajaran yang sering digunakan Guru di Sekolah

Metode Pembelajaran yang sering digunakan Guru di Sekolah. Metode  dibedakan dari pendekatan, pendekatan lebih menekankan pada strategi dalam perencanaan, sedangkan yang direncanakan untuk satu pembelajaran mungkin dalam pelaksanaan proses tersebut digunakan beberapa metode. Metode-metode inilah yang paling sering digunakan guru dalam mengajar. Mari kita simak satu persatu.
Metode Pembelajaran yang sering digunakan Guru di Sekolah
Metode Pembelajaran yang sering digunakan Guru di Sekolah

1. Metode Ceramah

Metode ceramah adalah metode penyampaian bahan secara lisan. Metode ini banyak diplih guru  karena mudah dilaksanakan dan tidak membutuhkan  alat  bantu  khusus  serta  tidak  perlu  merancang  kegiatan siswa. Dalam  pengjaran  yang  mengggunakan  metode  ceramah  tersebut terdapat unsur paksaan. Dalam hal ini siswa hanya diharuskan melihat dan mendengar  serta  mencatat  tanpa  komentar  informasi  penting  dari  guru yang selalu dianggap benar.

2. Metode Tanya Jawab

Metode  tanya  jawab  dapat  menrik  dan  memusatkan  perhatian  siswa. Dengan  mengajukan  pertanyaan  yang  terarah,  siswa  akan  tertarik  dalam mengembangkan  daya  pikir.  Kemampuan  berpikir  sisiwa  dan  keruntutan  dalam  mengemukakan  pokok-pokok  pikirannya  dapat  terdeteksi  ketika  menjawab  pertanyaan.  Metode  ini  dapat  menjadi  pendorong  bagi  siswa  untuk mengadakan penelusuran lebih lanjut pada berbagai sumber belajar. Metode  ini  akan  lebih  efektif  dalam  mencapai  tujuan  apabila  sebelum  proses pembelajaran siswa ditugasi membaca materi yang akan dibahas.

3. Metode Diskusi

Metode diskusi adalah cara dengan memunculkan masalah. Dalam diskusi  terjadi tukar menukar gagasan atau pendapat untuk memperoleh kesamaan pendapat. Dengan metode diskudi keberanian dan kreativitas siswa dalam mengemukakan  gagasan  menjadi  terangsang,  siswa  terbiasa  bertukar  pikiran dengan teman, menghargai dan menerima pendapat orang lain, dan yang lebih penting melalui diskusi mereka akan belajar bertanggung jawab terhadap hasil pemikiran bersama.

Metode Pembelajaran yang sering digunakan Guru di Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih