31 January 2016

Pengertian dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Pengertian dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran. Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara atau pengantar. Dengan demikian media merupakan wahana penyalur informasi belajar dan penyalur pesan. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2002: 1) mengemukakan bahwa media pengajaran sebagai alat bantu mengajar.

Arief S. Sadiman (2006: 7) mengatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian, dan kompetensi serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

Sudarwan Danim (1995: 7) menyatakan bahwa media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik.

Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan seperangkat alat bantu yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh guru dalam menyampaikan materi kepada siswa atau peserta didik. Dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga mendorong terjadinya proses belajar mengajar.

Pengertian dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Jenis Jenis Media Pembelajaran

Pengelompokan berbagai jenis media apabila dilihat dari segi perkembangan teknologi oleh Seels dan Glasgow sebagaimana yang telah di kemukakan oleh Azhar Arsyad (2003:33) di bagi kedalam 2 kategori luas yaitu pilihan media tradisional dan pilihan media teknologi mutakhir:
  1. Pilihan media tradisonal: a) Visual diam yang di proyeksikan, meliputi; proyeksi apaque (tak tembus pandang), proyeksi overhead, slides, dan filmstrip b) Visual yang tak di proyeksikan, meliputi : gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, dan papan bulu c) Audio, meliputi: rekaman piringan, pita kaset, reel, dan cartridge d) Penyajian multimedia, meliputi: slide plus suara (tape) dan multi image e) Visual dinamis yang di proyeksikan, meliputi: film, televise, dan video f) Cetak, meliputi: buku teks, modul, teks terprogram, jobsheet, workbook, majalah ilmiah berkala, dan lembaran lepas (hand-out) g) Permainan, meliputi: teka teki, simulasi, dan permainan papan h) Realia, meliputi: model, spacimen (contoh), dan manipulative (peta, boneka)
  2. Pilihan media teknologi mutakhir: a) Media berbasis telekomunikasi, meliputi: telekonferen, kuliah jarak jauh b) Media berbasis mikroprocesor, meliputi: computerassisted instruction, permainan komputer, sistem tutor inteligen, interaktif, hypermedia, compact (video) disk.

Pengertian dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih