31 January 2016

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap proses belajar yang dilakukan murid, berguna untuk mengetahui sejauh mana perubahan tingkah laku yang dicapai oleh siswa dalam artian prestasi belajar.

M. Surya (1985:174) mengatakan bahwa hasil belajar (achievement) yang diperoleh melalui proses belajar di sekolah yang dinyatakan dengan nilai-nilai. Terjadinya perubahan perilaku pada saat proses belajar itu sulit diamati. Perubahan tingkah laku pada diri siswa hanya dapat dilihat setelah dilakukan penilaian. Oleh karena itu, belajar merupakan proses yang kompleks.

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Berikut ini hasil belajar menurut Winkel (1992:102) bahwa:
Proses belajar yang dialami oleh murid menghasilkan perubahan dalam bidang pengetahuan, pemahaman, keterampilan,  nilai  dan  sikap. Adanya  perubahan  itu nampak  dalam  prestasi  belajar yang dihasilkan  oleh  murid  terhadap  pertanyaan  atau tugas-tugas  yang  telah  diberikan oleh guru.
Prestasi belajar merupakan hasil usaha yang dicapai oleh seseorang dalam kegiatan belajar. Prestasi belajaryangdicapaiolehsesorangpadadasarnya merupakan akualisasi dan potensi yang dimilikinya. Hal ini mengandung pengertian bahwa prestasi  belajar merupakan manifestasi dan kemampuan potensial siswa. Salah satu bentuk manifestasi adalah perubahan tingkah laku, baik dalam perbahan kognitif, afektif, dan psikomtor.

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih