29 March 2016

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods)

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Metode Penelitian merupakan tata cara dalam penelitian yang akan dilaksanakan. Berbicara metode penelitian tentunya tak lepas dari prosedur penelitian atau teknik penelitian. Hal ini disebabkan karena ketiga hal tersebut saling berhubungan dan sulit dibedakan.

Metode penelitian membicarakan megenai tata cara pelaksanaan penelitian, sedangkan prosedur penelitian membicarakan alat-alat yang digunakan dalam mengukur atau mengumpulkan data penelitian. Dengan demikian, metode penelitian melingkupi prosedur penelitian dan teknik penelitian. Jenis-jenis metode penelitian meliputi kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Penjelasan mengenai jenis metode penelitan mari kita simak bersama berikut ini:


Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods)
Metode Penelitian

Metode Penelitian Kuantitatif

Metode kuatitatif diartikan sebagai metode Penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument Penelitian, analisis data bersifat statistic, dengan tujuan  untuk menguji hipotesis yang telah di tetapkan. Dalam metode kuatitatif dapat dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Metode ekperimen dikenal juga sebagai Penelitian operasional atupun Penelitian tindakan. Metode eksperimen ini diartikan sebagai metode yang menguji hipotesisi yang berbentuk hubungan sebab–akibat melalui pemanipulasian (treatment , intervensi, perlakuan) variable independent, kemudian menguji perubahan yang diakibatkan oleh pemanipulasian tadi. Efek dari pemanipulasian data tersebut adalah  perubahan nilai variable dependen.
  2. Metode survey adalah Penelitian yang dilakukan pada populasi besar ataupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data yang dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relative, distribusi dan hubungan-hubungan antar variabel sosiologis mapupun psikologis.

Metode Penelitian Kualitatif

Metode Penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai metode Penelitian yang berlandasan pada filsafat postpositivisme, digunakan unuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data  dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil Penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Metode kualitatif di bagi menjadi lima metode diantaranya:
  1. Phenomenological dimana peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi partisipan untuk mengetahui fenomena esensial partisipan dalam pengalaman hidup.
  2. Grounded theory dimana peneliti dapat menarik generalisasi (apa yang diamati secara induktif), teori yang abstrak tentang proses, tindakan atau interaksi berdasarkan pandangan dari partisipan yang teliti.
  3. Ethnography dimana peneliti melakukan studi terhadap budaya kelompok dalam kondisi yang alamiah melalui observasi  dan wawancara.
  4. Case Studies dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu atau lebih orang.
  5. Narrative research dimana peneliti melakukan study terhadap satu orang individu atau lebih untuk memperoleh data tentang sejarah perjalanan dalam kehidupannya, data tersebut diolah dan disusun menjadi sebuah laporan yang berbentuk naratif dan kronologis.

Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)

Metode Penelitian kombinasi adalah metode Penelitian yang berdasarkan pada filsafat pragmatism (kombinasi positivism dan postpositivisme) digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah maupun buatan dimana peneliti sebagai instrument dan menggunakan instrument untuk pengukuran, teknik pengumpulan data dapat menggunakan test, kuisioner dan trianggulasi (gabungan), analisis data yang bersifat induktif (kulitatif dan deduktif (kuantitatif), serta hasil penelitian bias untuk  memahami dari dan membuat generalisasi.

Metode Penelitian ini mengkobinasikan atau menggabungkan antara metode Penelitian kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersamaan dalam suatu kegiatan Penelitian sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliable dan obyektif.

Kesimpulan

Penelitaian atau Research didefinisikan sebagai suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan,dan usaha-usaha itu dilakukan dengan metode ilmiah.

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih