29 March 2016

Pentingnya Media Pembelajaran Modern untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Pentingnya Media Pembelajaran Modern untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat. Fenomena tersebut mengakibatkan adanya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satu diantaranya bidang pendidikan.

Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan pembelajaran dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu efektifitas proses pembelajaran serta penyampaian pesan dan isi pelajaran sehingga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman karena menyajikan informasi secara menarik dan terpercaya.

Selain itu media pembelajaran juga dapat memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi. Hal ini memungkinkan tercapainya tujuan pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar.

Pentingnya Media Pembelajaran Modern untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa
Media Pembelajaran

Untuk mengembangkan penguasaan pembelajaran yang baik, dibutuhkan komitmen guru untuk memilih metode dalam belajar sebagai sesuatu yang bermakna. Di samping teori, perlu menumbuhkan kemauan siswa mencari hubungan konseptual antara teori yang dipelajari dengan praktik.

Penerapan media audio visual membuat siswa dapat melihat dan mendemonstrasikan secara langsung bagaimana proses itu terjadi serta teraplikasi dengan nyata. Dengan demikian, penerapan audiovisual dapat memotivasi siswa agar belajar lebih serius untuk meningkatkan hasil belajarnya.

Belajar diperlukan media yang sesuai dengan keadaan siswa agar materi pelajaran dapat diserap secara maksimal khususnya dalam belajar mata pelajaran pokok pendidikan.

Di dunia pendidikan saat ini pastilah akan mengalami perubahan kemajuan dalam proses pembelajarannya. Sistem pembelajaran yang sudah ada selama ini dianggap kurang sesuai lagi dengan perkembangan sekarang ini. Siswa merasa bahwa sistem pembelajaran dengan metode dan media konvensional tidak menarik minat siswa untuk belajar sehingga akan mempengaruhi keaktifan siswa.

Keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh materi yang susah diterima oleh siswa. Di kelas siswa cenderung hanya mengikuti apa yang ditulis oleh guru jadi siswa kurang aktif, selain itu sebagian guru hanya memberikan penjelasan yang sama dan hanya diulang-ulang. Siswa cenderung menganggap pada pelajaran tersebut kurang menarik dan membosankan, karena kebanyakan siswa menganggap bahwa cara belajar yang paling menarik adalah pelajaran yang menggunakan media yang modern.

Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keaktifan pada siswa. Pembelajaran dapat memberikan dampak positif, yaitu dampak proses bahwa peningkatan keaktifan siswa berdasarkan penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, memberikan motivasi kepada siswa dapat meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga tercapai hasil belajar siswa yang baik.

Pentingnya Media Pembelajaran Modern untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih