29 March 2016

Teknik Analisis Data Kualitatif

Teknik Analisis Data Kualitatif. Tindak lanjut dari pengumpulan data adalah menganalisis data. Tujuan pelaksanaananalisis data kuantitatif biasanya adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman, motivasi, kemandirian serta variable yang lain yang terkait dalam bidang penelitian yang sedang dilaksanakan. Perlu diketahui dalam artikel kali ini penulis lebih membahas penelitian untuk tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru maupun mahasiswa jurusan pendidikan. Langkah-lahkah yang dapat kita tempuh untuk analisa data kulitatif adalah sebagai berikut:
Teknik Analisis Data Kualitatif
Analisis Data

1. Pengumpulan Data

Pengumpulan data ini melalui teknik wawancara untuk mengumpulkan informasi dengan cara tanya jawab antara peneliti dengan informan yakni, guru kelas empat mengenai pembelajaran terpadu, baik konsep dan prosedur pembelajarannya yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

2. Pemilihan Data

Pemilihan data dalam penelitian ini dengan cara menentukan sejumlah data dari hasil wawancara yang sesuai dengan fokus penelitian yaitu tentang konsep dan prosedur pembelajaran terpadu.

3. Pengkategorian

Pengkategorian data dalam penelitian ini memiliki empat kategori yakni kurang memahami, cukup memahami, memahami, sangat memahami.

4. Pembandingan

Pembandingan data dalam penelitian ini dengan cara membandingkan hasil dengan konsep atau teori yang menjadi acuan pada pembelajaran terpadu.

5. Penyatuan

Penyatuan data dalam penelitian ini dengan cara menyatukan data kuantitatif yang dilaksanakan melalui penyebaran angket kemudian dijelaskan dengan melakukan analisis kualitatif yang dilaksanakan melalui studi wawancara mengenai bukti yang terjadi di lapangan dan dihubungkan dengan teori atau konsep.

6. Penafsiran Data

Penafsiran data hasil analisis digunakan dengan mengadaptasi standar rata-rata yang bertujuan untuk menarik kesimpulan penelitian yang telah dilaksanakan.

Demikianlah langkah-langkah strategis yang dapat kita tempuh berdasarkan pengalaman penulis pada saat melakukan PTK. Untuk lebih jelasnya serta referensi pendukung anda dapat mengunjungi beberapa artikel seputar metode penelitian lainnya.

Teknik Analisis Data Kualitatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih