09 April 2016

Karakteristik Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Karakteristik Anak Usia Dini Menurut Para Ahli. Masa usia SD merupakan masa kanak-kanak akhir yang berlangsung dari usia enam tahun sampai usia du belas tahun. Masa ini disebut pula sebagai masa bermain, dengan ciri-ciri memiliki dorongan yang kuat untuk keluar rumah dan memasuki kelompok sebaya, keadaan fisikyang memungkinkan anak memasuki dunia permainan dan dorongan mental untuk memasuki dunia konsep, logika, symbol dan sebagainya (Endang P & Nur Widodo, 2000: 44).

Menurut Piaget perkembangan kognitif anak dapat dibedakan antara beberapa tahap sejalan dengan usianya, yaitu tahap sensor motorik (0-2 th), tahap praoperasional (2-7 th), tahap operasional konkrit (7-11), dan tahap formal (>11 th).

Tahap sensori motorik (0-2 tahun)

Pada tahap ini, intelegensi anak lebih didasarkan pada tindakan inderawi anak terhadap lingkungannya, seperti melihat, meraba, menjamah, dan mendengar. Anak belum mempunyai bahasa simbol untuk mengungkapkan adanya suatu benda yang tidak berada di dekatnya.

Karakteristik Anak Usia Dini Menurut Para Ahli
Anak Usia Dini

Tahap praoperasional (2-7 tahun)

Dalam tahap ini, anak menunjukkan kemampuan menggunakan simbol-simbol yang menggambarkan objek yang ada di sekitarnya. Pemikiran anak cenderung egosentris atau memikirkan dirinya sendiri

Tahap operasional konkret (7-11 tahun)

Anak kelas IV Sekolah Dasar berada pada tahap ini, di mana anak mampu berpikir logis untuk memecahkan persoalan-persoalan yang sifatnya konkret yaitu dengan cara mengamati atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Dalam memahami konsep, anak sangat terikat kepada proses mengalami sendiri atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan konsep itu. Oleh karena itu proses pembelajaran harus dibuat menyenangkan lewat kegiatan bermain yang kreatif sehingga konsep yang didapat akan lebih bermakna.

Tahap formal (> 11 tahun)

Pada tahap ini anak sudah mulai maju dalam memahami konsep proporsi dengan baik. Anak mampu berpikir abstrak dan dapat menganalisis masalah secara ilmiah dan kemudian menyelesaikan masalah tersebut. Pada umumnya, anak mulai masuk Sekolah Dasar pada usia 6-7 tahun dan rentang waktu belajar di Sekolah Dasar selama 6 tahun, maka usia anak Sekolah Dasar berkisar antara 6-12 tahun. Ini berarti bahwa anak usia Sekolah Dasar masuk pada tahap akhir praoperasional sampai awal operasional formal. Pada tahap tersebut umumnya anak memiliki sifat :
  1. Memiliki rasa ingin tahu yang kuat.
  2. Senang bermain atau suasana yang menggembirakan.
  3. Mengatur dirinya sendiri, mengeksplorasi situasi sehingga suka mencoba-coba.
  4. Memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi.
  5. Akan belajar efektif bila ia merasa senang dengan situasi yang ada.
  6. Belajar dengan cara bekerja dan suka mengajarkan apa yang ia bisa pada temannya sesuai dengan Asy’ari (2006: 38).

Karakteristik Anak Usia Dini Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih