02 April 2016

Kelebihan dan Kekurangan Metode Think Pair Share Menurut Para Ahli

Kelebihan Metode Think Pair Share (TPS) Menurut Para Ahli. Menurut Muslimin (2000: 6) metode Think Pair Share (TPS) mempunyai kelebihan antara lain: meningkatkan pencurahan waktu pada tugas; memperbaiki kehadiran; angka putus sekolah berkurang; sikap apatis berkurang; penerimaan terhadap individu lebih besar; hasil belajar lebih mendalam; dan  meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi.

Penerapan metode TPS menuntut siswa menggunakan waktunya untuk mengerjakan tugas-tugas berupa permasalahan yang diberikan oleh guru pada tahap berpikir. Hal tersebut diharapkan siswa mampu memahami materi dengan baik dengan mengkonstruksikan pengetahuan awal yang dimiliki siswa.

Tugas diberikan guru pada setiap pertemuan bertujuan untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Peran siswa dalam mengerjakan tugas dari guru merupakan variasi dalam pembelajaran. Hal tersebut bertujuan untuk mengondisikan siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan siswa untuk selalu hadir pada setiap pertemuan. Keterlibatan siswa secara aktif diharapkan dapat memperbaiki kehadiran siswa.

Metode TPS diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran yang kreatif dengan metode yang aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut berdampak positif agar mengurangi angka putus sekolah dikarenakan siswa menjadi semangat dalam belajar.

Pembelajaran yang monoton cenderung membuat sebagian besar siswa merasa malas dan bosan. Fokus penilaian yang dilakukan oleh guru cenderung pada aspek kognitif dan kurang memperhatikan aspek psikomotor serta afektif membuat siswa yang cenderung memahami materi hanya sebatas konsep. Peningkatan kualitas pembelajaran dengan memperhatikan kreativitas serta keaktifan siswa merupakan salah satu usaha untuk mengurangi sikap apatis. Metode TPS lebih melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, dan tidak monoton dibandingkan metode konvensional.

Model pembelajaran konvensional cenderung mengondisikan sebagian siswa yang aktif di dalam kelas. Siswa aktif hanya sebagian yang rajin dan cepat dalam menerima materi pelajaran. Hal semacam ini mengondisikan siswa lain pasif dalam mengikuti pembelajaran. Metode TPS dapat diminimalisir siswa yang pasif di kelas karena terlibat dengan permasalahan yang diberikan oleh guru seingga  pengetahuan yang diterima lebih besar.

Parameter dalam pembelajaran adalah hasil belajar yang diraih oleh siswa. Melalui metode TPS perkembangkan hasil belajar siswa dapat diidentifikasi secara bertahap, sehingga pada akhir pembelajaran hasil yang diperoleh siswa dapat lebih optimal. Hasil belajar optimal serta pemahaman mendalam merupakan harapan dalam pembelajaran di kelas.

Melalui metode TPS diharapkan dapat meningkatkan kebaikan budi, kepekaan, dan toleransi. Sistem pembelajaran metode TPS menuntut siswa untuk dapat bekerja sama dalam kelompok, sehingga siswa dituntut untuk dapat belajar berempati, menerima pendapat orang lain atau mengakui secara sportif jika pendapatnya tidak diterima.
Kelebihan Metode Think Pair Share (TPS) Menurut Para Ahli
Metode Think Pair & Share
Lie (2008: 86) menyatakan bahwa kelebihan metode TPS adalah meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, cocok digunakan untuk tugas yang sederhana, memberikan lebih kesempatan untuk kontribusi masing-masing anggota kelompok, interaksi antarpasangan lebih mudah, dan cepat membentuk kelompoknya.

Pembelajaran yang aktif dan lebih berorientasi pada aktivitas siswa dapat meningkatkan partisipasi siswa. Metode TPS mengondisikan siswa agar selalu aktif dalam setiap tahap pembelajaran. Partisipasi siswa terlihat dalam berpikir, berpasangan (kelompok), dan berbagi.

Pembentukan kelompok dalam metode TPS membutuhkan waktu dalam mengondisikan sistem pembelajaran. Skala kelas dengan jumlah siswa yang banyak membuat kelompok-kelompok yang terbentuk semakin banyak. Oleh karena hal tersebut, metode TPS lebih cocok digunakan untuk tugas yang sederhana.

Metode TPS memberikan lebih kesempatan untuk kontribusi masing-masing anggota kelompok karena dalam pembentukan kelompok sangat sederhana. Kelompok dalam metode TPS dapat dilakukan dengan teman sebangku secara berpasangan. Sebelum berpasangan didahului dengan tahap berpikir secara individu. Proses berpikir secara individu dapat meningkatkan kontribusi anggota kelompok.

Interaksi antarpasangan lebih mudah dalam Metode TPS, dikarenakan pembentukan kelompok yaitu secara berpasangan. Komunikasi antara dua siswa dapat berjalan lancar apabila dibandingkan dalam kelompok-kelompok besar diskusi. Metode TPS lebih mudah dan cepat membentuk kelompoknya. Kelompok yang sederhana dapat dilakukan dengan teman sebangku. Hal tersebut lebih menghemat waktu pembentukan kelompok.

Berdasarkan uraian pendapat ahli di atas maka dapat dirumuskan kelebihan metode TPS adalah memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Pembentukan kelompok yang sederhana dalam metode TPS dapat menghemat waktu serta meningkatkan partisipasi siswa untuk berkontribusi dalam kelompok. Kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan baik serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa sangat penting dalam meningkatkan pembelajaran.

Kekurangan Metode Think Pair Share (TPS) Menurut Para Ahli

Setiap metode pembelajaran disamping memiliki kelebihan tentunya memiliki kekurangan. Kekurangan-kekurangan metode Think Pair Share (TPS) dapat diuraikankan di bawah ini:

Kekurangan Metode Think Pair Share (TPS) Menurut Hartina (2008: 12) adalah sebagai berikut:
  1. Sangat sulit diterapkan di sekolah yang rata-rata   kemampuan siswanya rendah
  2. Waktu yang terbatas
  3. Jumlah kelompok  yang  terbentuk  banyak 
Kekurangan Metode Think Pair Share (TPS) Menurut Lie (2005: 46) adalah sebagai berikut:
  1. Banyak kelompok yang melapor
  2. Perlu dimonitor,
  3. Lebih sedikit ide yang muncul
  4. Tidak ada penengah jika terjadi perselisihan dalam kelompok.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas maka dapat dirumuskan tentang kekurangan dalam metode TPS adalah membutuhkan koordinasi secara bersamaan dalam aktivitas, membutuhkan perhatian khusus dalam penggunaan ruangan kelas, dan pembentukan kelompok dapat menyita waktu dalam pembelajaran. Untuk menanggulangi hal tersebut hendaknya guru membuat perencanaan pembelajaran yang seksama sehingga waktu lebih efektif.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Think Pair Share Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih