09 April 2016

Komponen-Komponen Metode Pembelajaran Reward Menurut Para Ahli

Komponen-Komponen Metode Pembelajaran Reward Menurut Para Ahli. Metode pembelajaran reward merupakan suatu cara mengelola kelas yang dilakukan guru dimana dalam setiap komponen-komponen harus kita perhatikan dengan baik. Komponen-komponen yang mendukung ini diharapkan memperlancar pembelajarn. Pembelajaran yang menyenangkan dengan memperhatikan suatu pencapaian dengan hal yang berbeda.


Keterampilan  dasar  penerapan  reward  terdiri  atas  beberapa  komponen yaitu:

Reward Verbal (pujian)

  1. Kata-kata: bagus, ya benar, tepat, bagus sekali, dan lain-lain.
  2. Kalimat:  pekerjaan  anda  baik  sakali,  saya  gembira  dengan  hasil  pekerjaan anda.
Komponen-Komponen Metode Pembelajaran Reward Menurut Para Ahli
Komponen Reward

Reward non Verbal

  1. Reward berupa mimik dan gerakan badan lain: senyuman, angguan, acungan  ibu jari, tepuk tangan dan lain-lain.
  2. Reward  dengan  cara  mendekati, guru mendekati  siswa  untuk  menunjukkan  perhatian,  hal  ini  dapat  dilaksanakan dengan  cara berdiri  disamping  siswa, berjalan  menuju  kearah  siswa, duduk  dekat  seorang atau  kelompok  siswa, berjalan disisi siswa. Guru dapat mengira-ngira berapa lama ia berada didekat seorang  atau  kelompok  siswa,  sebab  bila  terlalu  lama  akan  menimbulkan suasana yang tidak baik di kelas.
  3. Reward dengan cara sentuhan, guru dapat menyatakan persetujuan dan penghargaan terhadap siswa atas  usaha dan penampilannya dengan cara menepuk pundak, menjabat tangan.
  4. Reward berupa symbol atau benda,  reward  simbolis ini  dapat  berupa  surat-surat  tanda  jasa, bisa berupa sertifikat-sertifikat. Sedangkan yang berupa  benda  dapat  berupa  kartu bergambar, peralatan sekolah, pin, plastic dan lain sebagainya.
  5. Kegiatan yang menyenangkan, guru  dapat  menggunakan  kegiatan-kegiatan  atau  tugas-tugas  yang  disenangi oleh siswa yang memperlihatkan kemajuan dalam pelajaran musik ditunjuk  untuk  menjadi  pemimpin  paduan  suara  sekolah  atau  diperbolehkan menggunakan  alat-alat  musik pada jam-jam bebas.
  6. Reward dengan memberikan penghormatan.
  7. Reward dengan memberikan perhatian tak penuh.
Dari  banyak  macam  reward  diatas,  maka  dari  itu  seorang  guru  dapat  memilih  reward  yang  relevan  dengan  siswa  disesuiakan  dengan  situasi  dan  kondisi siswa atau situasi dan kondisi keuangan, bila hal itu menyangkut masalah keuangan.

Komponen-Komponen Metode Pembelajaran Reward Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih