09 April 2016

Pengertian Penghargaan (Reward) Menurut Para Ahli

Pengertian Penghargaan (Reward) Menurut Para Ahli. Banyak sekali istilah-istilah digunakan yang pada intitinya merujuk pada makna yang sama tetang reward seperti ganjaran, hadiah, dan penghargaan. Metode ini bisa mengasosiasikan perbuatan dan kelakuan seseorang dengan perasaan bahagia, senang, dan biasanya akan membuat mereka melakuakan  suatu  perbuatan  yang  baik  secara  berulang-ulang.  Selain  motivasi, reward  juga  bertujuan  agar  seseorang  menjadi  giat  lagi  usahanya  untuk  memperbaiki atau meningkatkan prestasi yang telah dapat dicapainya.  Reward adalah salah satu alat pendidikan. Jadi dengan sendirinya maksud  ganjaran  itu  ialah  sebagai  alat  untuk  mendidik anak-anak supaya anak dapat merasa  senang,  karena  perbuatannya  atau  pekerjaannya  mendapat  penghargaan.

Ngalim Purwanto (1985: 231)

Reward merupakan alat pendidikan yang mudah dilaksanakan dan sangat  menyenangkan  bagi  siswa,  untuk  itu  reward  dalam  suatu  proses  pendidikan sangat dibutuhkan keberadaannya demi meningkatkan motivasi belajar.  Maksud dari  para  pendidik  memberi  reward  kepada  siswa  adalah  supaya  siswa  siswa menjadi lebih giat lagi usahanya untuk memperbaiki atau mempertinggi prestasi yang  akan  dicapainya,  dengan  kata  lain  siswa  menjadi  lebih  keras  kemauannya untuk belajar lebih baik.

Mahfudh (1987: 81)

Peranan  reward  dalam  proses  mengajar  cukup  penting  terutama  sebagai  faktor  eksternal  dalam  mempengaruhi  dan  mengarahkan  perilaku  siswa.  Hal ini berdasarkan atas berbagai pertimbangan logis, diantaranya reward biasanya dapat menimbulkan motivasi belajar siswa, dan reward juga memiliki pengaruh positif dalam  kehidupan  siswa.  Manusia selalu mempunyai  cita-cita,  harapan  dan keinginan.  Inilah yang  dimanfaatkan  oleh  reward.  Maka dengan  metode  ini,  seseorang mengerjakan perbuatan baik atau mencapai suatu prestasi yang tertentu diberikan suatu reward yang menarik sebagai imbalan. Dengan demikian dengan  melakukan sesuatu perbuatan atau mencapai suatu prestasi.

Suharsimi Arikunto (1993: 160)

Reward merupakan sesuatu yang disenangi atau digemari oleh anak-anak  yang diberikan kepada siapa saja yang dapat memenuhi harapan yakni mencapai tujuan yang ditentukan, atau bahkan mampu melebihinya. Besar kecilnya reward yang  diberikan  kepada  yang  berhak  tergantung  kepada  banyak  hal,  terutama ditentukan  oleh  tingkat  pencapaian  yang  diraih.  Tentang  bagaimana  wujudnya, banyak  ditentukan  oleh  jenis  atau  wujud  pencapaian  yang  diraih  serta  kepada siapa reward tersebut diberikan.

Mulyasa (2007: 77)

Reward adalah  suatu  bentuk  perlakuan  positif  subyek. Reward atau penghargaan merupakan respon terhadap suatu tingkah laku yang dapat peningkatan kemungkinan terulang kembalinya tingkah laku tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa reward adalah suatu cara  yang digunakan  oleh  seseorang  untuk  memberikan  suatu  penghargaan  kepada  seseorang  karena sudah  mengerjakan  suatu  hal  yang  yang  benar,  sehingga  seseorang  itu  bisa semangat lagi dalam mengerjakan tugas tersebut.

Reward adalah penghargaan yang diberikan oleh seseorang ataupun suatu institusi. Reward berhubungan  dengan  antusias  yang  menyala-nyala  orang  yang  memilikinya mempunyai keyakinan yang sangat besar terhadap kesuksesan orang akan mengejar apapun yang mereka inginkan. Pencapaian-pencapaian itulah yang disebut  reward,  arti  reward  bukan  hanya  sekedar  hadiah  melainkan  ada  sebuah pencapaian yang telah dilaluinya.

Pengertian Penghargaan (Reward) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih