09 April 2016

Syarat-Syarat dan Tujuan Reward Menurut Para Ahli

Syarat-Syarat dan Tujuan Reward Menurut Para Ahli. Dalam memberikan  reward  seorang  guru  hendaknya  dapat  mengetahui siapa yang berhak mendapat reward, seorang guru harus selalu ingat akan maksud dari pemberian reward itu. Seorang siswa yang pada suatu ketika menunjukkan hasil lebih baik dari biasanya, mungkin sangat baik diberikan reward. Dalam hal ini seorang guru hendaknya bijaksana, jangan sampai reward menimbulkan iri hati pada siswa yang lain yang merasa diriya lebih pandai, tetapi tidak mendapat reward.

Ngalim Purwanto (1985: 233) mngungkapkan ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh guru dalam menerapkan metode pembelajaran reward sebagai berikut:
  1. Untuk  memberi  ganjaran  yang  pedagogis  perlu  sekali  guru  mengenal  betul-betul murid-muridnya dan tahu menghargai dengan tepat. Reward yang tidak tepat dapat membawa akibat yang tidak diinginkan.
  2. Ganjaran yang  diberikan  kepada  seorang  anak  janganlah  menimbulkan rasa cemburu atau iri hati bagi anak yang lain yang merasa pekerjaannya juga lebih baik, tetapi tidak mendapat reward.
  3. Memberikan  reward  hendaknya  hemat,  terlalu  kerap  atau  terus  menerus  memberikan  reward  akan  menjadi  hilang  arti  reward  tersebut  sebagai  alat  pendidikan.
  4. Janganlah  memberikan  reward  dengan  menjanjikan  dahulu  sebelum anak-anak  menunjukkan  prestasi  kerjanya,  reward  yang  telah  dijanjikan  dahulu  akan membawa kesukaran-kesukaran bagi beberapa anak yang kurang pandai.
  5. Pendidik harus berhati-hati memberikan reward, jangan sampai reward yang diberikan kepada anak-anak diterimanya bagi upah dari pada jerih payah yang telah dilakukannya.
Ada beberapa pendapat para ahli pendidikan terhadap reward sebagai alat pendidikan yang berbeda-beda. Sebagian  menyetujui dan menganggap  penting dipakai sebagai alat untuk membentuk kata hati siswa. Sebaliknya ada pula para ahli-ahli pendidikan yang tidak suka sama sekali. Mereka berpendapat bahwa reward itu dapat menimbulkan persaingan yang tidak sehat pada siswa.

Syarat-Syarat dan Tujuan Reward Menurut Para Ahli
Reward

Mengenai masalah reward, perlu peneliti bahas tentang tujuan yang harus dicapai dalam  pemberian  reward. Hal ini dimaksudkan, agar dalam berbuat sesuatu bukan karena perbuatan semata-mata, namun ada sesuatu yang harus dicapai dengan perbuatannya, karena dengan adanya tujuan akan member arah dalam melangkah.

Tujuan yang harus dicapai dalam pemberian reward  adalah untuk  lebih mengembangkan motivasi yang bersifat instrinsik dari motivasi ekstrinsik, dalam artian  siswa  melakukan suatu perbuatan, maka  perbuatan  itu  timbul  dari kesadaran  siswa  itu  sendiri. Dan dengan reward itu, juga  diharapakan  dapat membangun suatu hubungan  yang positif antara guru dan  siswa, karena reward itu adalah bagian dari pada penjelmaan dari rasa cinta kasih sayang seorang guru kepada siswa.

Syarat-Syarat dan Tujuan Reward Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih