14 May 2016

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Jigsaw

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Jigsaw. Setiap kebijakan yang diambil oleh guru tentunya ada kelebihan dan kekurangan dalam berbagai aspek. Begitu pula dengan model pembelajaran yang akan diterapkan oleh guru.

Setiap model pembelajaran memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Adapun kelebihan dan kekurangan model pembelajaran jigsaw adalah:

Kelebihan Model Pembelajaran Jigsaw

Belajar kooperatif dapat mengembangkan tingkah laku kooperatif dan hubungan yang lebih baik antar siswa, dan dapat mengembangkan kemampuan akademis siswa. Siswa lebih banyak belajar dari teman mereka dalam belajar kooperatif dari pada guru. Interaksi yang terjadi dalam bentuk kooperatif dapatmemacu terbentuknya ide baru dan memperkaya perkembangan intelektual siswa.
Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Jigsaw
Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Jigsaw

Kekurangan Model Pembelajaran Jigsaw

Beberapa hal yang bisa menjadi kendala aplikasi model ini di lapangan yang harus kita cari jalan keluarnya adalah:
  1. Prinsip utama pola pembelajaran ini adala “peer teaching” pembelajaran oleh teman sendiri, akan menjadi kendala karena perbedaan persepsi dalam memahami suatu konsep yang akan didiskusikan bersama dengan siswa lain.
  2. Dirasa sulit menyakinkan siswa untuk mampu berdiskusi menyampaikan materi pada teman, jika siswa tidak memiliki rasa kepercayaan diri.
  3. Rekod siswa tentang nilai, kepribadian, perhatian siswa harus sudah dimiliki oleh pendidik dan ini biasanya dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengenali tipe-tipe siswa dalam kelompok tersebut.
  4. Awal penggunaan metode ini biasanya sulit dikendalikan, biasanya membutuhkan waktu yang cukup dan persiapan yang matang sebelum model pembelajaran ini bisa berjalan dengan baik.
  5. Aplikasi metode ini pada kelas besar (lebih dari 40 siswa) sangatlah sulit, tapi bisa diatasi dengan model teaching.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Jigsaw Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratna Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih