02 May 2016

Latar Belakang Masalah Tentang Kepemimpinan

Latar Belakang Masalah Tentang Kepemimpinan. Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sumber daya alam. Tanah yang subur untuk ditanami berbagai macam tumbuh-tumbuhan, keanekaragaman lautpun demikian ragamnya. Tentunya sangat mendukung bagi kesejahteraan.

Seorang pemimpin merupakan sosok yang dapat dijadikan teladan bagi rakyatnya.Pemimpin sangat berperan dalam meningkatkan kemajuan suatu negara. Ketika seorang pemimpin yang baik mampu memberikan teladan yang baik, begitu pula seorang pemimpin yang bertindak buruk sangatlah berpengaruh terhadap warganya. Tergantung dari seorang pemimpin negara untuk membawa menuju suatu tujuan yang telah direncanakan. Menjadikan negara ini yang adil, makmur, dan sejahtera.

Pemerintahan demokrasi yang terlah berlangsung sekian tahun pun diharapkan mampu menambah daya gedor bagi perkembangan negara ini.  Dengan keanekaragaman sumber daya alam dan pemerintahan yang mampu mengoordinasi segala sistem pemerintahan bukan tidak mungkin lagi untuk membawa negara Indonesia terkemuka di belahan dunia.

Latar Belakang Masalah Tentang Kepemimpinan
Latar Belakang Masalah Tentang Kepemimpinan

Akan tetapi pada kenyataannya krisis kepemimpinan di Indonesia terjadi telah terjadi sekian lama. Krisis kepemimpinan ini bukan menjadikan negara ini menjadi negara yang sejahtera, namun membawa bangsa ini terburuk. Kasus-kasus pemimpin yang mewarnai pemberitaan di media cetak maupun elektronik, seperti; tindakan kriminalitas, pemerkosaan, praktik KKN di kalangan petinggi negara merupakan indikator bahwa negara ini membutuhkan seorang pemimpin yang mampu memberikan rasa nyaman, dan mampu membawa perubahan ke arah yang baik.

Kepemimpinan tidak hanya mengandalkan bakat, dan keturunan. Seorang pemimpin hendaknya berpengetahuan, kreatif, terampil, dan dapat menganalisa masalah dengan baik. Disamping itu seorang pemimpin merupakan problem solving.

Seperti kasus kekerasan yang dilakukan oleh seorang Wakil Wali Kota Magelang Joko Prasetyo dituntut hukuman dua bulan penjara, dinilai jaksa penuntut umum terbukti melakukan tindak kekerasan terhadap istrinya, Siti Rubandiah. Tindakan hal itu merupakan kekerasan dalam rumah tangga. (Kompas. Jumat, 12 April 2013. Hal 23). Dari ulasan tersebut bahwa tindakan kekerasan yang dilakukan oleh wakil wali kota seharusnya tindak pantas untuk dilakukan seorang pemimpin. Pemimpin yang seharusnya memberi teladan yang baik, agar memberikan motivasi-motivasi kepada warganya untuk bertindak hal-hal yang tidak bertentangan dengan norma sosial.

Selain memimpin warganya hendaknya seorang pemimpin mampu memimpin dirinya sendiri dalam setiap melakukan tindakan yang dilakukan. Jiwa seorang pemimpin berawal dari dalam dirinya sendiri. Dari dalam diri sendirilah yang dikembangkan, bahwa setiap segala sesuatu yang dilakuan seperti halnya yang dilakukan untuk kebaikan.

Kasus lain yang terjadi oleh Cela Muhammad Nazaruddin yang terlibat dalam kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Jakabaring, Palembang. Kendati bekas bendahara umum partai berlambang mercy itu sudah dipecat dari partai, namun dampaknya tetap ada. Hal ini berdampak pada menurunnya kredibilitas partai politik. Seorang pemimpin yang terjerat pada korupsi merupakan hal nyata yang terjadi saat ini. Berdasar hasil survei Pride Indonesia (Political Research Institute for Democracy) yang mengkhususkan pada masyarakat DKI Jakarta, minus Pulau Seribu. Menurut mereka, kemerosotan kredibilitas Demokrat diperparah dengan keterlibatan kader lainnya. Sebanyak 52% publik sudah tidak mempercayai kredibilitas Partai Demokrat pasca beberapa kasus yang menimpa kadernya. Hanya 21 % saja yang masih percaya, dan 27 lainnya tidak tahu, oleh Agus Herta daro Pride Indonesia, di Kampus Pascasarjana Paramadina, SCBD, Jakarta,  pada Jumat (28/10) (Sumber: Kompas).

Dari ulasan di atas menurunnya kredibilitas partai politik berdampak pada kepemimpinan partai dalam memperoleh suara dari masyarakat. Masyarakat menjadi kurang percaya terhadap seorang pemimpin dari partai tersebut. Hal tersebut tentunya berdampak pada kepemimpinan bangsa yang semakin menurun juga.

Latar Belakang Masalah Tentang Kepemimpinan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih