03 May 2016

Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaat Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaat Karya Ilmiah Menurut Para Ahli. Di lingkungan pendidikan kata-kata karya ilmiah sudah tidak asing lagi kita dengar di telingan. Bahkan mungkin karya ilmiah bagaikan makanan pokok wajib setiap harinya tidak lepas dari karya ilmiah. Karya ilmiah bukan hanya pada saat detik-detik skripsi namun sampai saat ini mungkin masih banyak yang beranggapan karya ilmiah itu tak lepas dari pendapat para ahli di bidangnya masing-masing.

Secara lebih jelas agar semua semakin memahami apa itu sebenarnya karya ilmiah perlu adanya dukungan pendapat para ahli juga. Berikut ini merupakan pengertian karya ilmiah menurut para ahli yang akan disajikan secara lengkap.

Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaat Karya Ilmiah Menurut Para Ahli
Karya Ilmiah

Wagiran dan Muh. Doyin (2005: 13)

Karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya, disajikan menurut metodologi penulisan yang baik dan benar, serta menggunakan ragam ilmiah.

Susilo, M.Eko (1995: 11)

Tulisan yang didasari hasil pengamatan, peninjauan, penelitian  dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya/keilmiahannya.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas penulis memberikan simpulan karya ilmiar identik dengan langkah-langkah ilmiah itu sendiri dan penyajian suatu karya yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah bukan sekadar opini semata.

Setelah kita simak bersama pengertian ilmiah untuk lebih jelas, berikut ini merupakan ciri-ciri karya ilmiah yaitu: objektif, penulisannya cermat dan tepat, netral, sistematis, logis, empiris (dapat dibuktikan kebenarannya), menyajikan fakta (bukan emosi atau perasaan), menggunakan bahasa formal, tidak mengejar keuntungan pribadi, disusun menurut metodologi penulisan ilmiah, dan tidak memuat pandangan-pandangan tanpa pendukung kecuali dalam hipotesis kerja.

Karya ilmiah sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan dan penelitian. Adapun  fungsi karya ilmiah adalah sebagai berikut:

1.  Penjelasan (Explanation)

Menjelaskan suatu hal yang sebelumnya tidak diketahui, tidak jelas, dan tidak pasti, menjadi sebaliknya.

2.  Ramalan (Prediction)

Membantu mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada masa mendatang.

3.  Kontrol (Control)

Mengontrol, mengawasi dan atau mengoreksi benar-tidaknya suatu pernyataan. Adapun manfaat karya ilmiah adalah sebagai berikut:
  1. Terlatih mengembangkan keterampilan membaca yang efektif.
  2. Terlatih menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, mengambil sarinya, dan mengembangkannya ke tingkat pemikiran yang lebih matang.
  3. Berkenalan dengan kegiatan perpustakaan.
  4. Meningkatkan keterampilan dalam mengorganisasi dan menyajikan data dan fakta secara jelas dan sistematis.
  5. Memperoleh kepuasan intelektual.
  6. Turut memperluas cakrawala ilmu pengetahuan masyarakat.

Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaat Karya Ilmiah Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih