16 May 2016

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli. Definisi ilmu politik sangatlah bervariatif, ada yang berpandangan positif dan tak jarang pula memandang negatif.

Politik Secara Etimologis

Politik berasal dari kata polis (Bahasa Yunani) yang artinya negara kota. Kemudian diturunkan kata lain seperti polities (warga negara), politikos (kewarganegaraan atau civics) dan politike tehne (kemahiran politik) dan politike e Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli pisteme (ilmu politik)

Politik Secara Terminologi

Politik (politics) dapat diartikan sebagai :

Laswell

Politics as who gets what, when and how
Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli
Ilmu Politik

Miriam Budiardjo

“Politik adalah bermacammacam kegiatan dalam suatu sistem politik (negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.”

Ramlan Surbakti

“Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.”

Politik Secara Umum

Politik sering didefinisikan sebagai penggunaan kekuasaan atau kewenangan, suatu proses pembuatan keputusan secara kolektif, suatu alokasi sumberdaya yang langka (the allocation of scarce resources), atau sebagai arena pertarungan kepentingan yang penuh muslihat (Heywood, 2004: 52).

Wikipedia

Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik”.

Aristoteles

Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. Dengan kata lain kegiatan politik merupakan proses yang dilalui sebagai wujud dari usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan.

Berdasarkan pengertian menurut ahli di atas maka penulis memberikan simpulan bahwa ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama.

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratna Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih