03 May 2016

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli. Istilah kepemimpinan merupakan hal yang sering dijumpai dalam berbagai bidang. Pengertian kepemimpinan itu sendiri banyak berbagai para ahli yang memberikan arti dari berbagai sudut pandangan. Glen dalam Salusu (1996:193) menyatakan bahwa “kepemimpinan yang berkualitas ialah kemampuan atau seni memimpin orang biasa untuk mencapai hasil-hasil yang luar biasa.” Dari hal ini sebelum memasuki apa arti kepemimpinan itu sendiri banyak kalangan yang membicarakan kepemimpinan yang berkualitas. Kepemimpinan yang berkualitas ini lebih ke arah bagaiman hasil dari suatu kelompok dapat mencapai hal yang maksimal dan diharapkan. Tentunya sebuah hasil yang sesuai dengan tujuan awal dari kelomok tersebut.

Dalam perkembangannya kepemimpinan yang mencakup berbagai bidang, dalam sebuah menejemen suatu perusahaan tentunya tidak lepas dari seorang pemimpin. Berbagai penjelasan tentang kepemimpinan yang tepat yang mampu membawa kemajuan dengan efektif. “Kepemimpinan yang efektif adalah salah satu keunggulan kompetitif yang paling kuat yang bisa dimiliki oleh sebuah organisasi pada Zaman sekarang.”(Conger, 1997:343). Hal ini adalah salah satu sumber daya yang paling kurang dikembangkan dan paling sedikit digunakan dalam banya perusahaan dan instansi pemerintah. Yang sama-sama meresahkan adaah kenyataan diperlukan waktu bertahun-tahun, kalau bukan berpuluh-puluh tahun, untuk mengembangkan kepemimpinan yang efektif dalam sebuah organisasi.


Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli
Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Yukl (2005: 8) mengatakan bahwa “kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana secara efektif, serta proses untuk memfasilitasi upaya individu dan kolektif untuk mencapai tujuan bersama. Dari ulasan tersebut telah jelas bahwa seorang pemimpin memegang peranan yang sangat sentral, artinya bahwa kepemimpinan merupan suatu proses bagaimana seorang pemimpin dapat memberikan pengaruh dangan cara yang sangat efitif yang diharapkan dapat memadukan ataupun menyaring masukan-masukan dari pengikutnya sehingga tercapainya tujuan bersama. Proses memberikan pengeraruh ini diharapkan sesuai dengan tujuan awal dari kepentingn kelompok tersebut. Tujuan bersama ini tentunya tidak memasukkan kepentingn kepentingan pribadi dalam kepentingan kelompok. Dapat dikatakan bahwa hasil yang dicapai menentukan cerminan kegagalan ataupun keberhasilan pemimpin tersebut.

Berdasarkan ulasan dari pendapat ahli penulis dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa seorang pemimpin memegang peranan pokok dalam suatu kelompok atau bernegara. Seorang pemimpin memberikan pengarung terhadap suatu prosen berjalannya suatu kelompok itu sendiri. Ketika seorang memberikan pengaruh hal-hal yang baik ataupun buruk begitu pula peengikutnya akan lebih condong terpengarung oleh pemimpin itu sendiri. Kepemimpinan yang berkualitaspun akan memberikan pengaruh yang berkualitas, dan bagaimana kepemimpinan yang efektif akan memberikaan pengaruh ha-hal yang direncanaakan akan berlangsung dengan efektif.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih