15 May 2016

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli. Komunikasi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai pengertian yang menjelaskan arti dari komunikasi sangat beragam. Berikut ini merupakan pengertian komunikasi menurut para ahli:

Theodorson 1969 (Liliweri 1991:11), mengungkapkan komunikasi adalah pengalihan informasi dari satu orang atau kelompok kepada orang lain, terutama dengan menggunakan simbol.

Menurut Weaver komunikasi adalah seluruh prosedur melalui pikiran seseorang yang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya. Sejalan dengan hal tersebut Barnlund mngatakan, komunikasi timbul didorong oleh kebutuhankebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego (Fajar 2009:28).

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
Komunikasi Menurut Para Ahli
Devito (Effendy 2006:5) menjabarkan definisi komunikasi sebagai : ”kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau lebih, yakni kegiatan menyampaikan dan menerima pesan yang mendapat distorsi dari gangguangangguan dalam suatu konteks yang menimbulkan efek dan kesempatan untuk arus balik. Oleh karena itu, kegiatan komunikasi meliputi komponen-komponen, yaitu : Konteks, Sumber, Penerima, Pesan, Saluran , Gangguan, Proses penyampaian atau proses ecoding, Penerima atau proses decoding, Arus balik dan Efek”.

Sejalan dengan itu, Dance dan Larson (Vardiansyah 2004:9) mengumpulkan 126 definisi komunikasi yang berlainan dan mengidentifikasikannya ke dalam tiga dimensi konseptual penting yang mendasari perbedaaan yaitu :

1. Tingkat observasi atau derajat keabstrakannya.

  • Bersifat umum, Definisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian yang lainnya dalam kehidupan.
  • Bersifat khusus, Definisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah alat untuk mengirimkan pesan militer, printah dan sebagainya melalui telepon, telegraf, radio, kurir dan sebagainya.

2. Tingkat Kesengajaan.

  • Mensyarakan kesengajaan, Definisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah situasi-situasi yang memungkinkan suatu sumber mentransmisikan suatu pesan kepada seorang penerima dengan didasari untuk mempengaruhi perilaku penerima.
  • Mengabaikan kesengajaan, Definisi Gode (1959) yang menyatakan bahwa komunikasi adalah sebagai proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang atau monopoli seseorang menjadi dimiliki dua orang atau lebih.

3. Tingkat keberhasilan dan diterimanya pesan.

  • Menekankan keberhasilan dan diterimanya pesan, Definisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah proses pertukaran informasi untuk mendapatkan saling pengertian.
  • Tidak menekankan keberhasilan, Definisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah proses transmisi informasi.
Kata atau istilah komunikasi dalam bahasa inggris communication berasal dari bahasa Latin Comunicatus, yang berarti berbagi atau menjadi milik bersama. Dengan demikian kata komunikasi menurut kamus bahasa mengacu pada suatu upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan. Webster New Collogiate Dictionary menjelaskan bahwa komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistim lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku (Fajar 2009:27).

Proses komunikasi pada hakikatnya adalah proses penyampaianpikiran atau perasaan oleh seseorang (komunikator) kepada orang lain (komunikaan). Pikiran bisa berupa gagasan, informasi, opini dan lain-lainyang muncul dari benaknya. Perasaan bisa berupa keyakinan, kepastian, keragu-raguan, kekhawatiran, kemarahan, keberanian, kegairahan dan sebagainya yang timbul dari lubuk hati (Effendy 2006:11).

Halloran (1980) dalam Liliweri (1991), mengemukakan bahwa manusia melakukan komunikasi dikarenakan beberapa faktor, yakni: perbedaan antar pribadi , manusia meskipun merupakan makhluk yang utuh namun tetap mempunyai kekurangan, adanya perbedaan motivasi antar manusia dan kebutuhan akan harga diri yang harus mendapat pengakuan dari orang lain.

Dalam kehidupanya, manusia selalu melakukan kegiatan komunikasi. Komunikasi memainkan peranan penting dalam kehidupan manusia. Hampir setiap saat kita bertindak dan belajar dengan dan melaui komunikasi. Sebagian besar kegiatan komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi antarpribadi. Komunikasi antarpribadi mempunyai berbagai manfaat. Melalui komunikasi antarpribadi kita dapat mengenal diri kita sendiri dan orang lain, kita dapat mengetahui dunia luar, bisa menjalin hubungan yang lebih bermakna, bias memperoleh hiburan dan menghibur orang lain dan sebagainya (Fajar 2009:77).

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratna Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih