13 May 2016

Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli

Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli. Model pembelajaran jigsaw adalah (Model Tim Ahli) yang dikembangkan oleh Arosan, Blaney, Stephen, Sikes, dan Snapp. Pada dasarnya, model ini guru membagi satuan informasi yang besar menjadi komponen-komponen yang lebi kecil. Selanjutnya guru membagi siswa kedalam kelompok belajar koopertif yang terdiri dari beberapa siswa sehingga setiap siswa bertanggung jawab terhadap penguasaan setiap komponen/subtopik yang ditugaskan guru dengan sebaik-baiknya. Siswa dari masing-masing kelompok yang bertangung jawab pada subtopik yang sama membentuk kelompok lagi yang terdiri dari tiga atau empat siswa. Setelah itu siswa kembali ke kelompok masingmasing sebagai “ahli” dalam subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam subtopik lainnya, juga bertindak serupa sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk menunjukkan penguasaannya terhadap seluruh materi yang dtugaskan oleh guru. Dengan demikian setiap siswa dalam kelompok harus menguaai topik secara keseluruhan.

Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli
Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli
Model pembelajaan ini sangat menarik untuk digunakan jika materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan materi tersebut tidak megharuskan urutan penyampaian. Siswa-siswi bekerja sama untuk menyelelesaikan tugas kooperatifnya dalam:
  1. Belajar dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya.
  2. Merencanakan bagaimana mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula.
Langkah-langkah kegiatan model pembelajaran jigsaw adalah sebagai berikut:
  1. Siswa dikelompokkan ke dalam 4/5 anggota tim
  2. Tiap siswa dalam tim diberi dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
  3. Setiap siswa dalam satu tim diberi bagian materi yang ditugaskan
  4. Anggota tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan subbab mereka
  5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang subbab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
  6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
  7. Guru memberikan evaluasi berupa kuis
  8. Memberi penghargaan terhadap kelompok yang mendapatkan banyak skor dalam kuis
  9. Penutup/kesimpulan.

Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratna Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih