03 May 2016

Indikator Kemandirian Belajar Siswa Menurut Para Ahli

Indikator Kemandirian Belajar Siswa Menurut Para Ahli. Perkembangan kemandirian merupakan masalah penting sepanjang rentang kehidupan manusia. Perkembangan kemandirian sangat dipengaruhi oleh perubahan fisik, yang pada gilirannya dapat memicu terjadinya perubahan emosional, perubahan kognitif yang memberikan pemikiran logis tentang cara berfikir mendasari tingkah laku, serta perubahan nilai dalam peran social melalui pengasuhan orang tua dan aktivitas individu. Kemandirian berbeda dengan tidak tergantung, karena tidak tergantung merupakan bagian untuk memperoleh kemandirian.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar siswa adalah metode pengajaran yang dilakukan guru. Ketidak tepatan dalam penerapan metode secara praktis akan menghambat proses belajar mengajar yang akan membuang waktu dan tenaga secara percuma. Dengan guru melakukan metode-metode yang bervariasi maka siswa akan termotivasi dalam mengerjakan tugasnya.

Indikator Kemandirian Belajar Siswa Menurut Para Ahli
Indikator Kemandirian Belajar Siswa
Tingkat kemandirian belajar dibagi menjadi dua yaitu tingkat kemandirian yang pertama adalah siswanya sudah sangat mandiri sedangkan tingkat kedua yang siswanya kurang mandiri. Menurut (Rusman, 2013:366):

Karakteristik Siswa Mandiri

Siswa yang sudah sangat mandiri mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Sudah mengetahui dengan pasti apa yang ingin siswa capai dalam kegiatan belajarnya. Karena itu siswa ingin ikut menentukan tujuan pembelajarannya. Sehingga dalam proses pembelajarannya siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar.
  2. Sudah dapat memilih sumber belajar sendiri dan mengetahui kemana dia dapat menemukan bahan-bahan belajar yang diinginkan. Dalam proses pembelajaran siswa merasa tidak perlu banyak berkomunikasi dengan guru dalam memecahkan masalah, jika siswa mengalami kesulitan dan sulit memecahkan masalah barulah siswa berkonsultasi pada guru.
  3. Sudah dapat menilai tingkat kemampuan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaannya atau untuk memecahkan permasalahan yang dijumpainya dalam kehidupannya. Siswa yang sudah dapat melaksanakan pekerjaannya tanpa bantuan dari guru atau orang lain siswa tersebut memiliki motivasi dan disiplin dalam belajarnya maka siswa tersebut dapat dikatakan mandiri.

Karakteristik Siswa Belum Mandiri

Siswa yang kurang mandiri biasanya belum mempunyai tingkat kemandirian seperti siswa yang sudah mandiri. Siswa seperti ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Lebih menyukai program pembelajaran yang sudah terstruktur. Maka siswa selalu mendapatkan bimbingan dari guru.
  2. Lebih suka mengikuti program pembelajaran yang bahan belajarnya telah ditentukan dengan jelas dan cara belajarnya juga telah ditentukan dengan jelas. Untuk peserta didik seperti ini, komunikasi dan penjelasan dari guru sangatlah dibutuhkan dan dapat membantu siswa dalam memecahakan kesulitan-kesulitan yang dirasa tidak dapat dipecahkan oleh siswa.
  3. Belum dapat menilai kemampuannya sendiri, kearena itu siswa lebih menyukai program pembelajaran yang telah mempunyai kriteria keberhasilan yang jelas.

Indikator Kemandirian Belajar Siswa Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih