11 June 2016

Faktor-Faktor Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Faktor-Faktor Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Belajar sepanjang masa merupan hal yang dapat kita terapkan dalam kehidupan. Mengingat belajar bukan hal yang dilakukang dilingkungan sekolah saja.

Hasil belajar dinisi bukalah hanya semata yang didapatkan nilai. Lebih jauh dari itu beberapa pendapat para ahli mengungkapkan tentang hasil belajar. Berikut merupakan pendapat para ahli mengenai hasil belajar.

Menurut Sugihartono (2007: 114) ciri-ciri pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah:
Faktor-Faktor Hasil Belajar Menurut Para Ahli
Faktor-Faktor Hasil Belajar
  1. Menyediakan pengalaman belajar dengan mengkaitkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sedemikian rupa sehingga belajar melalui proses pembentukan pengetahuan.
  2. Menyediakan berbagai alternatif pengalaman belajar, tidak semua mengerjakan tugas yang sama, misalnya suatu masalah dapat diselesaikan dengan berbagai cara.
  3. Mengintegrasikan belajar dengan situasi yang realistis dan relevan dengan melihatkan pengalaman yang konkrit, misalnya untuk memahami konsep siswa melalui kenyataan kehidupan sehari-hari.
  4. Mengintegrasikan pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya tranmisi sosial yaitu terjadinya intraksi dan kerjasama seseorang dengan orang lain atau dengan lingkungannya, misalnya intraksi dan kerjasama antar siswa, guru dan siswa.
  5. Menggunakan berbagai metode sesuai dengan kebutuhan siswa.
  6. Memanfaatkan berbagai media termasuk komunikasi lisan dan tertulis sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.
  7. Melibatkan secara emosional dan sosial sehingga siswa menjadi menarik dan mau belajar. 
Latar belakang tercapai atau tidaknya hasil belajar siswa banyak sekali macam ragamnya. Tetapi apabila penyebab tersebut dikaitkan dengan faktor-faktor yang berperan atau berpengaruh dalam prestasi belajar, menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2003 : 162) dapat dikelompokkan menjadi :

1) Faktor-faktor dalam diri individu

  • Aspek jasmaniah mencakup kondisi-kondisi dan kesehatan jasmani dari individu.
  • Aspek psikologis atau rohaniah menyangkut kondisi kesehatan psikis, kemampuan-kemampuan intelektual, sosial, psikomotorik, serta kondisi afektif dan kognitif dari individu.

2) Faktor lingkungan

  • Faktor-faktor dari luar diri siswa. Baik factor fisik sosial-psikologis yang berada dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Sedangkan menurut Sardiman A. M (2000: 37) secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat digolongkan menjadi dua faktor, yaitu faktor intern dan ekstern.

1) Faktor intern (yang datang dari dalam diri siswa)

  • Faktor fisiologis (keadaan tonus jasmani, Keadaan fungsi-fungsi jasmani)
  • Faktor psikologis (motivasi konsentrasi, reaksi, organisasi, ulangan, dan pemahaman)

2) Faktor ekstern (yang datang dari luar siswa)

  • Faktor non sosial, yaitu segala yang berpengaruh terhadap kegiatan belajar selain manusia yang dapat mempunyai pengaruh besar terhadap prestasi belajar, misalnya : keadaan cuaca, suasana lingkungan, fasilitas belajar dan sebagainya.
  • Faktor sosial, yaitu faktor manusia, baik manusia itu ada (hadir) maupun kehadirannya dapat disimpulkan, jadi tidak langsung hadir.
Dari beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa faktorfaktor yang dapat mempengaruhi kompetensi belajar adalah (1) faktor dari dalam individu siswa, yaitu berupa faktor jasmani dan psikologis individu, (2) faktor dari luar siswa, yaitu faktor non sosial (misalnya keadaan, cuaca dan fasilitas belajar) dan faktor sosial (misalnya lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat).

Faktor-Faktor Hasil Belajar Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratna Arya Cakka

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih