17 August 2016

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO) ?

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)? Sekilah cerita saat berkenalan dengan blog. Awal mulai dimana penulis mulia penasaran dengan dunia internet kurang lebih 2 tahun lalu. Awalnya hanya sebagai tempat cerita ataupun sekadar menuangkan materi saat kuliah. Sekadar menulis itulah yang dirasakan oleh penulis.

Seiring berjalannya waktu seolah-olah blog dapat dijadikan sebagai tempat kebanggaan penulis . Betapa tidak membanggakan blog yang berisi secuil tulisan hingga menjadi berlembar-lembar halaman dari ide yang kita tuangkan dapat bermanfaat bagi orang lain. Pada kesempatan ini dari blog kecil ini penulis lebih focus dengan tema teori sebagian besar pendidikan. Berbicara tema penulis menjadi teringat saat pertama kali menulis tidak mengenal apa itu tema yang penting menulis artikel semata atau mungkin banyak yang menyebutnya dengan istilah gado-gado.

Tema atau dikenal dengan nice di dunia blog merupakan salah satu pendukung peringkat blog yang dikelola. Ketika tema atau nice sudah kita tentukan bukan tidak mungkin kita akan memiliki pembaca yang setia pada bidang yang kita tuliskan. Salah satu contoh ketika kita focus ke tema pendidikan sudah dapat dipastikan pembaca blog kita adalah orang-rang yang bergelut atau sedang menempuh pendidikan.
Search Engine Optimization (SEO)
SEO
Setelah berkenalan dengan blog dan berbicara tema baru penulis akan membahas lebih detail tentang SEO.

Apa itu SEO?

Dikutip dari Kitap Sakti SEO karya Mas SU Rahman SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian teknik yang dilakukang agar website dapat dengan mudah diketemukan oleh pencari informasi melalui search engine (dalam hal ini adalah google). Sudah sangat jelas sekali semua blogger menginginkan no #1 di mesin pencari. Oleh karena hal tersebut sangat amat penting sekali kita harus optimalisasi SEO.

Jenis-Jenis SEO

Ada 2 jenis SEO dalam dunia blogger. Mungkin juga ada lebih namun penulis disini hanya membatasi menjadi 2 bagian yang yang perlu kita ketahui bersama. 2 jenis SEO, yaitu: Black Hat SEO, dan White Hat SEO.

Apa itu Black Hat SEO

Black Hat SEO merupakan serangkaian teknik yang dilakukan untuk mengakali system search engine agar sebuah website dapat menempati urutan terbaik di dalam mesin pencarian. Teknik ini sangat tidak baik untuk dilakukan karena sangat merugikan baik dari google maupun sesame penulis blog. Dengan cara menanipulasi sebuah halaman agar terlihat baik dan menarik. Sekali lagi tidak bak untuk dilakukan.

Apa itu White Hat SEO?

White Hat SEO merupakan serangkaian teknik optimalisasi yang focus pada pengoptimalisasian keyword melalui meta tag. Untuk teknik yang kedua ini sangatlah bagus dan wajib hukumnya untuk kita pelajari. White hat SEO disebut juga dengan natural SEO. Dengan teknik ini kita dapat memperoleh pembaca secara organi dan aman untuk dilakukan terutama bagi yang ingin memasang iklan dari google yaitu google adsense.

Kiranya sampai disini yang dapat dituangakan dari penulis. Semaga memberi manfaat yang baik dan dapat dijadikan referensi membaca yang baik pula.

Referensi:
Rahman SU, 2016. Kitab Sakti SEO. Jakarta. Kompas Gramedia.

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO) ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih