21 August 2016

Pengertian dan Tujuan Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian dan Tujuan Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli. Telah banyak pendapat mengenai pengertian supervisi. Pada tulisan ini tidak semuanya disampaikan. Namun diharapkan bisa memberikan gambaran mengenai pengertian supervisi tersebut.

Kimball Wiles (1967)

Supervision is assistance in the development of better teaching learning situation”. Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi pembelajaran yang lebih baik. Rumusan ini mengisyaratkan bahwa layanan supervisi meliputi keseluruhan situasi belajar mengajar. Jelas sekali bahwa situasi dalam pembelajaran yang harus diperbaiki melalui supervisi. Sangat luas cakupan supervisi pembelajaran, semua aspek dalam pembelajaran menjadi sasaran supervisi, termasuk didalamnya adalah guru. Dalam pelaksanaannya supervisi lebih menekankan kepada persahabatan yang dilandasi oleh pemberian layanan dan kerjasama yang lebih baik diantara guru-guru, karena bersifat demokratis. Hal ini sangat berbeda dengan inspeksi yang lebih menekankan pada kekuasaan dan otoriter.

Tujuan Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Sahertian (2000: 19)

Tujuan supervisi adalah memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar sisiwa. Bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan kualitas guru.

Drs. N. A. Ametembu (2009)

Tujuan supervisi dibedakan menjadi dua yaitu tujuan umum dan khusus. 

Tujuan umum meliputi: membina orang-orang yang disupervisi menjadi manusia dewasa yang sanggup berdiri; membina orang-orang yang disupervisi menjadi manusia pembangun yang berpancasila; dan perbaikan situasi pendidikan dan pengajaran pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar pada khususnya
Pengertian dan Tujuan Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli
Supervisi Pendidikan
Tujuan khusus meliputi: membantu guru-guru lebih memahami tujuan pendidikan yang sebenarnya; membantu guru-guru untuk lebih dapat lebih memahami dan menolong murid; memperbesar kesanggupan guru mendidikan murid untuk terjun kemasyarakat; memperbesar kesadaran guru terhadap kerja yang demokratis dan kooperatif; memperbesar amibisi guru untuk berkembang; membantu guru-guru untuk memanfaatkan pengalaman yang dimiliki; memperkenalkan karyawan baru kesekolah; melindungi guru dari tuntutan tak wajar dari masyarakat; dan mengembangkan profesional guru.

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan supervisi secara prinsip mengandung unsur memberi pelayana berupa bantuan serta pembinaan dalam rangka memperbaiki kinerja.

Pengertian dan Tujuan Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih