30 September 2016

Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Para Ahli

Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Para Ahli. Sebagaimana kita ketahui bahwa proses pembelajaran di sekolah merupakan upaya sekolah dalam mencapai kompetensi siswa. Karena merupakan suatu upaya maka proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan rekayasa yang dilakukan guru. Rekayasa merupakan suatu kegiatan yang sengaja dilakukan untuk mencapai suatu hasil secara lebih efektif, lebih efesien dan lebih menarik. Itulah sebabnya tindakan yang sengaja diadakan harus memiliki kejelasan arah yang akan dituju, sumber daya manusia yang diperlukan tidak hanya berkaitan dengan kuantitasnya, tetapi lebih mengarah kepada kualitasnya. Dengan demikian terdapat beberapa fungsi utama dalam perencanaan pembelajaran.

Baca juga:


Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Para Ahli

Langkah-Langkah Menyusun RPP Menurut Para Ahli

Manfaat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Para Ahli

Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Para Ahli
Mulyasa (2007: 216) mengungkapkan fungsi utama dalam perencanaan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Menentukan kompetensi yang akan dihasilkan dari proses pembelajaran yang akan dilakukan. Penentuan kompetensi ini merupakan hal yang paling penting dalam keberhasilan proses perencanaan. Penentuan kompetensi yang salah akan berakibat fatal pada:
  • Tidak dapat dicapainya kompetensi
  • Tidak sesuainya dengan kebutuhan dan harapan stakeholder
  • Tidak dapat dikembangkan secara berkelanjutan kerena kesalahan memilih prioritas 
  • Terjadi pemborosan sumber daya karena kesalahan memilih prioritas.
2. Pemilihan kompetensi yang terlalu tinggi, berakibat akan sulit untuk direalisasikan, mestinya kompetensi disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa, dibedakan pula antara siswa kelas rendah dan kelas tinggi. Kelas rendah menggunakan kompetensi dasar yang masih bersifat konkrit, semi konkrit dan abstrak. Begitu sebaliknya di kelas tinggi pola komptensi yang diharapkan dari hal-hal yang abstrak, semi abstrak, lalu konkrit, itu dilakukan guna pencapaian target atau kriteria ketuntasan minimum dapat tercapai, dengan demikian rencana pembelajaran yang telah tersusun yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran akan sesuai seperti yang ditetapkan sebelumnya. Ketercapaian suatu rencana pembelajaran tentunya dapat kita lihat pada hasil akhir yang berupa penilaian. Yakni penilian pada setiap akhir pembelajaran.

Referensi:
E. Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih