12 September 2016

Keunggulan Objek Wisata Budaya Pulau Bali

Keunggulan Objek Wisata Budaya Pulau Bali. Objek wisata yang tidak kalah menarik, yaitu budaya masyarkatnya. Kehidupan masyarakat Bali sangat erat dengan agama hindunya sehingga setiap upacara keagamaan merupakan objek yang sangat khas. Pura merupakan tempat ibadah umat hindu yang menarik tersebar di seluruh pelosok bali. Oleh karena itu, Bali juga memiliki julukan Pulau Seribu Pura. Diantara pura yang menarik, yaitu Pura Besakih, Pura Tanah Lot, dan Pura Uluwatu.

Pura Besakih merupakan pura terbesar dan terpenting di Bali yang terletak di lereng Gunung Agung pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Di komplek Besakih ini terdapat 23 pura yang terpisah-pisah namun saling berhubungan. Pura yang terbesar dan terpenting di kompleks ini adalah Pura Penataran Agung. Mengunjungi Pura Besakih pada saat diselenggarakannya suatu acara perayaan (festival) agama Hindu adalah sangat menyenangkan dimana ratusan bahkan ribuan pemeluk agama Hindu datang ke pura ini dengan mengenakan pakaian yang indahindah serta membawa berbagai aneka sesajian.

Keunggulan Objek Budaya Pulau Bali
Wisata Tanah Lot Bali
Obyek wisata Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bali, disini terdapat sebuah pura yang berada di atas sebuah pulau karang kecil yang menjadi tempat yang paling sering untuk dijadikan objek fotografi. Banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat ini khususnya pada saat menjelang matahari tenggelam karena suasana dan pemandangannya yang sangat mengesankan.

Pura Luhur Uluwatu berdiri persis di atas batu karang yang menjorok kelaut dengan pemandangan yang sangat indahnya, terutama pada sore hari. Pura Luhur Uluwatu tersebut diperkirakan berdiri sekitar abad 11 , seusia dengan Empu Kuturan yang mendirikan pelinggih di lingkungan Pura Besakih.

Selain itu, Pura Taman Ayun yang berarti taman yang indah. Pura ini terletak di Desa Mengwi sekitar 18 kilometer barat laut kota Denpasar dan merupakan salah satu dari pura-pura yang terindah di Bali. Halaman pura ditata sedemikian indah, dikelilingi kolam ikan yang dibangun tahun 1634 oleh Raja.Mengwi saat itu I Gusti Agung Anom. Dihiasi oleh meru – meru yang menjulang tinggi dan megah diperuntukkan baik bagi leluhur kerajaan maupun bagi para Dewa yang bertahta di Pura-pura lain di Bali.

Sebagai daerah tujuan wisata yang utama di Indonesia, berbagai desa di Bali juga berkembang menjadi desa wisata dengan keunikannya masing-masing. Desa Baha sekitar 4 kilometer sebelah timur Pura Taman Ayun, dikenal dengan sistem pertanian Subak, suatu organisasi yang mengatur pembagian air untuk irigasi pertanian. Keunikan lain yang dapat dijumpai di desa ini adalah pintu masuk ke rumah dari masing-masing keluarga yang seragam dengan kombinasi arsitektur bangunan tradisional Bali, sehingga dapat memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan. Pura desanya dihiasi ukiran kuno. 

Desa Trunyan di pinggir Danau Batur yang dihuni oleh masyarakat Bali Aga yang merupakan penduduk asli Bali sebelum kedatangan orang-orang Majapahit. Di dekat Trunyan, terdapat komplek pemakaman orang Bali Aga yang hanya dapat dicapai dengan perahu motor. Masyarakat Trunyan tidak membakar atau menguburkan mayat anggota masyarakat yang meninggal, tetapi hanya diletakkan di dalam sebuah kurungan bambu, mayat itu akan hancur dengan sendirinya, namun anehnya tidak menyebarkan bau busuk.

Selain objek budaya yang berupa bangunan, di bali sangat terkenal dengan keseniannya, yaitu seni tari, seni lukis, seni rupa, dan berbagai upacara adat atau upacara keagamaan. Seni tarinya antara lain Tari Kecak, Tari Barong, Tari Legong, Tari Topeng, dan Tari Arja. Seni lukisnya meliputi seni lukis modern maupun tradisional. Seni rupanya seperti berbagai jenis patung dan hasil kerajinan, baik dari logam maupun dari bahan bukan logam. Sedangkan upacara adatnya antara lain upacara ngaben (pembakaran mayat), upacara piodalan di pura-pura, dan upacara potong gigi (metatah).

Keunggulan Objek Wisata Budaya Pulau Bali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih