14 October 2016

15 Contoh Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

15 Contoh Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli. Metodologi mengajar adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai. Agar tujuan pengajaran tercapai sesuai dengan yang telah dirumuskan oleh pendidik, maka perlu mengetahui, mempelajari beberapa metode mengajar, serta dipraktekkan pada saat mengajar. Agar lebih mudah dalam hal tersebut di bawah ini merupakan contoh beberapa metode pembelajaran yang wajib dimengerti dalam proses pembelajaran di sekolah.

Baca:
Pengertian Metode Pembelajaran
Pengertian Metode Pembelajaran Konvensional
Metode Pembelajaran yang sering digunakan Guru di Sekolah 
15 Contoh Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

1. Metode Ceramah (Preaching Method)

Muhibbin Syah (2000) bekata bahwa metode ceramah adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.

2. Metode Ceramah Plus

Metode ceramah plus merupakan metode mengajar yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah gabung dengan metode lainnya.

3. Metode Diskusi (Discussion Method)

Muhibbin Syah (2000) mendefinisikan bahwa metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama (socialized recitation). Selengkapnya Pengertian Metode Diskusi

Baca:
Langkah-Langkah Metode Diskusi
Kelebihan dan Kelemahan Metode Diskusi

4. Metode Demontrasi (Demonstration Method)

Muhibbin Syah (2000) berkata bahwa metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.

Senada dengan pendapat di atas Syaiful Bahri Djamarah (2000) mengungkapkan bahwa metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran. Selengkapnya Pengertian Metode Demontrasi.

5. Metode Resitasi (Recitation Method)

Metode resitasi merupakan suatu metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri. Selengkapnya Pengertian Metode Tugas dan Resitasi

Baca:
Langkah-Langkah Metode Resitasi

6. Metode Percobaan (Experimental Method)

Syaiful Bahri Djamarah (2000) berpendapat bahwa metode percobaan adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan.

Metode percobaan merupakan suatu metode mengajar yang menggunakan tertentu dan dilakukan lebih dari satu kali. Misalnya di laboratorium.

7. Metode Karya Wisata

Metode karya wisata merupakan suatu metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibukukan. Selengkapnya Pengertian Metode Pembelajaran Karya Wisata

Baca:
Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Karya Wisata

8. Metode Latihan Keterampilan (Drill Method)

Metode latihan keterampilan merupakan suatu metode mengajar, dimana siswa diajak ke tempat latihan keterampilan untuk melihat bagaimana cara membuat sesuatu, bagaimana cara menggunakannya, untuk apa dibuat, apa manfaatnya dan sebagainya. Contoh latihan keterampilan membuat tas dari mute/pernik-pernik. Selengkapnya Pengertian Metode Drill (Latihan)

Baca:
Langkah-Langkah Penerapan Metode Drill (Latihan) dalam Pembelajaran

9. Metode Mengajar Beregu (Team Teaching Method)

Metode mengajar beregu merupakan suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas. Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator. Cara pengujiannya, setiap pendidik membuat soal, kemudian digabung. Jika ujian lisan maka setiap siswa yang diuji harus langsung berhadapan dengan team pendidik tersebut.

10. Metode Mengajar Sesama Teman (Peer Teaching Method)

Metode mengajar sesama teman merupakan suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri.

Baca:
Pengertian Metode Tutor Sebaya
Langkah-Langkah Metode Tutor Sebaya
Tujuan Metode Tutor Sebaya

11. Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving Method)

Metode ini merupakan suatu metode mengajar yang mana siswanya diberi soal-soal, lalu diminta pemecahannya.

12. Metode Perancangan (Projeck Method)

Metode perancangan merupakan suatu metode mengajar dimana pendidik harus merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.

13. Metode Bagian (Teileren Method)

Metode bagian merupakan suatu metode mengajar dengan menggunakan sebagian-sebagian, misalnya ayat per ayat kemudian disambung lagi dengan ayat lainnya yang tentu saja berkaitan dengan masalahnya. 

14. Metode Global (Ganze Method)

Metode global merupakan suatu metode mengajar dimana siswa disuruh membaca keseluruhan materi, kemudian siswa meresume apa yang dapat mereka serap atau ambil intisari dari materi tersebut.

15. Metode Menemukan (Discovery)

Suryosubroto (2002:192) berkata bahwa metode discovery dapat diartikan sebagai suatu prosedur mengajar yang mementingkan pengajaran perseorangan, manipulasi obyek dan lain-lain, sebelum sampai kepada generalisasi. Metode discovery merupakan komponen dari praktek pendidikan yang meliputi metode mengajar yang memajukan cara belajar aktif, beroreientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan reflektif. Metode discovery merupakan salah satu metode mengajar yang akhir-akhir ini banyak digunakan di sekolah-sekolah yang sudah maju. Metode discovery ini lebih dikenal dan digunakan di dalam berbagai kesempatan proses belajar mengajar yang memungkinkan.

Demikianlah 15 contoh metode pembelajaran menurut para ahli. Semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi para pembaca.

15 Contoh Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih