07 October 2016

Jenis dan Klasifikasi Komunikasi

Jenis dan Klasifikasi Komunikasi. Seperti yang telah dikemukakan komunikasi adalah suatu proses (kegiatan) penyampaian pesan/informasi dari seseorang (sender) kepada orang lain (receiver) dengan menggunakan cara/teknik/sarana penyampaian pesan/informasi tertentu. Pada awalnya proses itu berlangsung sangat sederhana. Dimulai dengan sejumlah ide atau gagasan yang abstrak dalam pikiran seseorang untuk mencari data atau menyampaikan pesan/informasi yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan yang kemudian disampaikan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan bahasa berbentuk kode visual, kode suara, atau kode tulisan. Selanjutnya pesan/informasi itu diterima oleh penerima pesan/informasi yang kemudian menafsirkannya dan selanjutnya mengirimkan balikan. Dalam ilmu komunikasi dikenal beberapa jenis komunikasi sebagai berikut:
Jenis dan Klasifikasi Komunikasi
Komunikasi
  1. Menurut sifat komunikasi dibedakan antara komunikasi pribadi dan komunikasi umum.
  2. Menurut jumlah yang berkomunikasi dibedakan antara komunikasi perseorangan dan komunikasi kelompok.
  3. Menurut cara penyampaian dibedakan antara komunikasi lisan (langsung dan tidak langsung dan komunikasi tulisan (dalam  bentuk gambar, surat, blanko, dan naskah).
  4. Menurut maksud komunikasi dibedakan antara memberi perintah, ceramah, memberi nasihat, saran, pidato, dan wawancara.
  5. Menurut kelangsungannya dibedakan antara komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.
  6. Menurut perilaku dibedakan antara komunikasi formal dan komunikasi informal.
  7. Menurut ruang lingkup dibedakan antara komunikasi internal dan komunikasi eksternal.
  8. Dari segi formal tidaknya komunikasii dibedakan antara komunikasi formal, komunikasi non-formal, dan komunikasi informal.
  9. Dari segi jarak dibedakan antara komunikasi berbicara langsung dan berbicara tidak langsung.
  10. Dari segi sarana/saluran/media yang digunakan Komunikasi berbicara dapat melalui surat, telepon (SLJJ dan SLI), melalui radio, televisi, posel (pos elektrik) melalui internet, sandi, short message system (sms), dan lain-lain.
  11. Dari segi tujuan komunikasi berbicara dalam berbagai bentuk pertemuan, apakah seminar, semiloka, diskusi panel, rapat kerja, santiaji, kampanye, konferensi, pelatihan (sebagai pelatih atau peserta pelatihan), wawancara, dan lain-lain.
  12. Dari segi kedinasan komunikasi yang membicara-kan soal kedinasan (antara sesama rekan kerja, dengan atasan, atau dengan bawahan).
  13. Dari segi bahasa yang digunakan komunikasi dengan berbicara melalui bahasa lisan/dengan ucapan kata-kata atau kalimat yang diutarakan dan diperjelas dengan tinggi rendahnya nada suara.
  14. Dari segi lawan berbicara komunikasi dengan berbicara satu orang dengan satu orang lainnya atau satu orang dengan banyak orang.
  15. Dari segi hierarki kita mengenal komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, dan komunikasi horizontal.

Jenis dan Klasifikasi Komunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih