29 October 2016

Jenis-Jenis Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli. MGMP mempunyai berbagai jenis kegiatan untuk dilakukan. Pelaksanaan kegiatan itu bertujuan untuk menunjang kinerja guru mata pelajaran tersebut. Selain itu, berbagai jenis kegiatan yang dilakukan oleh MGMP juga dapat berguna untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jenis-jenis kegiatan MGMP tersebut adalah:

Jenis-Jenis Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli

1. Kegiatan pengembangan kemampuan dan keterampilan guru

Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kemampuan dan keterampilan guru untuk meningkatkan keberhasilan kegiatan belajar-mengajar dengan melakukan kegiatan-kegiatan, antara lain penguasaan kurikulum; penyusunan Program Semester; penyusunan program Satuan Pelajaran, termasuk penguasaan dan pengembangan metode, penggunaan media pelajaran, dan teknik evaluasi; dan penguasan bahan/materi pelajaran.

2. Kegiatan perluasan wawasan guru

Kegiatan-kegiatan yang termasuk memperluas wawasan guru, antara lain mengadakan ceramah/diskusi; mengadakan seminar/lokakarya; dan mengadakan program-program kompetisi/lomba untuk siswa dalam usaha meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Kegiatan penunjang

Kegiatan-kegiatan yang termasuk penunjang, antara lain adalah mengadakan pelatihan; mengadakan program peninjauan; pengamatan widyawisata ke objek-objek yang relevan; dan memanfaatkan media cetak dan media elektronika (Depdiknas, 1998: 11).

Selain kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan di atas, sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi guru, maka MGMP harus mempunyai kegiatan untuk mewujudkan tujuan dari MGMP. Kegiatan tersebut antara lain dapat berupa pemberian materi pembelajaran yang baru, pemberian pemahaman terhadap guru tentang pentingnya penguasaan terhadap materi ajar serta pengeolalan materi ajar secara kreatif agar pembelajaran berlangsung dengan aktif.

Berdasarkan keterangan dari kegiatan yang dilakukan oleh MGMP di atas, maka tujuan yang ditetapkan oleh MGMP dalam rangka peningkatan mutu, dan kompetensi seorang guru sangatlah baik, karena kegiatan-kegiatan tersebut sangat dapat membantu dalam menciptakan citra guru yang mempunyai kompetensi yang menunjang profesi seorang guru guna membantu terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat disampaikan dengan baik dan akan berakibat pada tercapainya tujuan pembelajaran.

Jenis-Jenis Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih