11 October 2016

Komponen Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Menurut Para Ahli

Komponen Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Menurut Para Ahli. Taniredja (2011:67-68) menjabarkan komponen-komponen dalam Teams Games Tournament, yaitu:

Komponen Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Menurut Para Ahli

  1. Penyajian Kelas (Class Presentation). Penyajian kelas pada pembelajran Kooperatif tipe TGT tidak berbeda dengan pengajaran biasa atau pengajaran klasikal oleh guru, hanya pengajaran lebih difokuskan pada materi yang sedang dibahas saja. Ketika penyajian kelas berlangsung mereka sudah berada dalam kelompoknya sehingga mereka akan memperhatikan dengan serius selama pengajaran penyajian kelas berlangsung sebab setelah ini mereka harus mengerjakan games akademik dengan sebaikbaiknya dengan skor mereka akan menentukan kelompok mereka.
  2. Kelompok (Teams). Kelompok disusun dengan beranggotakan 4-5 orang yang mewaili pencampuran dari berbagai keragaman dalam kelas seperti kemampuan akademik, jenis kelamin, ras atau etnik.
  3. Permainan (Games). Pertanyaan dalam game harus dirancang dari materi yang relevan dengan materi yang telah disajikan untuk menguji pengetahuan yang diperoleh mewakili masing-masing kelompok.
  4. Kompetisi/Turnamen (Turnaments). Turnamen adalah susunan beberapa game yang dipertandingkan. Biasanya dilaksanakan pada akhir minggu atau akhir unit atau pokok bahasan, setelah guru memberikan penyajian kelas dan kelompok mengerjakan lembar kerjanya.
  5. Pengakuan Kelompok (Teams Recognition). Pengakuan kelompok dilakukan dengan memberi penghargaan berupa hadiah atau sertifikat atas usaha yang telah dilakukan kelompok selama belajar sehingga mencapai kriteria yang disepakati bersama.

Komponen Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih