10 October 2016

Pengertian Metode Pembelajaran Karya Wisata Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Pembelajaran Karya Wisata Menurut Para Ahli. Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang digunakan oleh guru, yang dalam menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuanpembelajaran. Adapun beberapa metode yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar pada sekolah dasar khususnya, yang bertujuan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Pengertian Metode Pembelajaran Karya Wisata Menurut Para Ahli
Bali
Metode karya wisata adalah pesiar yang dilakukan oleh para peserta didik untuk melengkapi pengalaman belajar tertentu untuk melengkapi bagian integral dari kurikulum sekolah. Melalui karya wisata sebagai metode pembelajaran peserta didik di bawah bimbingan guru mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan maksud belajar (Sagala, 2007: 214).

Karya wisata juga bisa dikatakan sebagai cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak peserta didik ke suatu objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki secara langsung seperti bengkel, pabrik, kebun binatang, alam sekitar dan sebagainya. Kendati pun karya wisata banyak memiliki nilai nonakademis, tetapi tujuan umum pendidikan dapat dicapai, terutama mengenai wawasan dan pengalaman tentang dunia luar seperti kunjungan ketempat-tempat situs bersejarah, museum, peternakan yang sistematis, dan sebagainya menurut Rusyan (dalam Sagala, 2007: 214).

Penggunaan metode karya wisata pada siswa sekolah dasar akan sangat membantu untuk meningkatkan kreatifitas dan apresiatif mereka, karena pada dasarnya siswa sekolah dasar merupakan anak-anak yang memasuki tahap perkembangan kognitif “operasional konkrit”. Artinya dalam masa sekolah dasar seperti ini lebih cepat untuk mendapatkan pengetahuan dari sebuah pengalaman. Menurut Adelia (2012: 32), kegiatan belajar mengajar di luar kelas juga akan memiliki di sisi penggunaan pembelajaran, yaitu menggunakan media pembelajaran yang konkret dan memahami lingkungan yang ada di sekitarnya. Adapun contoh media yang sesuai dengan materi pelajaran, situasi, dan kenyataan dari pembelajaran di luar kelas adalah sebagai berikut : (1) berbagai aneka satwa (binatang), sungai, laut, tumbuh-tumbuhan, dan matahari, yang ada di luar sekolah, (2) kelompok-kelompok masyarakat yang ada di luar sekolah, (3) tempat-tempat ibadah diluar sekolah, (4) halaman sekolah sebagai media pembelajaran berbagai macam mata pelajaran, (5) warung makan, toko, dan pasar, (6) permainan anak, seperti seluncuran, ayunan, jungkat-jungkit, dan lain-lain.

Kegiatan belajar-mengajar di luar kelas juga dapat mendorong para siswa mengembangkan sikap kemandirian. Ketika mereka belajar di luar kelas, sebenarnya mereka sedang menghilangkan sikap ketergantungan pada orang lain, minimal ketergantungan terhadap guru (Adelia, 2012: 38).

Kegiatan di luar kelas akan membuat guru tidak banyak berbicara atau aktif menerangkan, sebagaimana saat mengajar didalam kelas, namun tetap tidak keluar dari esensi dan tujuan belajar. Dalam memberi materi pelajaran yang akan diberikan di luar kelas, banyak faktor atau pertimbangan dalam memilih objek pembelajaran yang harus dipikirkan. Menurut Adelia (2012: 89), faktor-faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut : (a) Sesuai dengan kurikulum yang berlaku, (b) Mudah dijangkau, (c) Tidak membutuhkan biaya mahal, (d) Memiliki potensi untuk digunakan pada berbagai materi, dan (e) Tidak asing bagi guru.

Adapun tujuan-tujuan dari penggunaan metode karya wisata ini adalah sebagai berikut : (1) Dengan melaksanakan metode karya wisata diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang dilihatnya, (2) menghayati tugas / pekerjaan seseorang serta dapat bertanya langsung dengan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran, maupun pengetahuan umum, (3) mereka bisa melihat, mendengar, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya, supaya dapat mengambil kesimpulan, sekaligus dalam waktu yang sama ia bisa mempelajari mata pelajaran yang lainnya (Roestiyah, 2008: 85).

Referensi:
Rosetiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas. Jogjakarta: Diva Press

Pengertian Metode Pembelajaran Karya Wisata Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih