10 October 2016

Pengertian Metode Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli. Metode pembelajaran project based learning (Pembelajaran berbasis proyek) adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Dalam metode pembelajaran ini pendidik berperan sebagai fasiliator. Project Based Learning bertujuan untuk menemukan pemecahan masalah, disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dalam mempelajari konsep dan kemampuan berpikir kritis tersebut peserta didik bekerja secara bersama‐sama dalam kelompoknya untuk mengkaji masalah-masalah riil. Pembelajaran dengan menerapkan metode  embelajaran ini diharapkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif, dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya. Agar lebih memahami serta menambah wawasan seputar metode pembelajaran project based learning mari kita simak bersama pendapat para ahli di bawah ini.
Pengertian Metode Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli

Bransfor dan Stein dalam Warsono & Harianto (1993)

Pembelajaran berbasis proyek sebagai pendekatan pengajaran yang komprehensif yang melibatkan siswa dalam kegiatan penyelidikan yang kooperatif dan berkelanjutan.

Arends (1997: 156)

Project Based Learning has also referred to by other names, such as project‐Based teaching, experienced‐Based education, authentic learning or anchored instruction. Project Based Learning juga dapat diartikansebagai pembelajaran berbasis proyek,pendidikan berbasis pengalaman, belajarautentik pembelajaran yang berakar padamasalah‐masalah kehidupan nyata.

The George Lucas Educational Foundation (2005)

Definisi secara lebih komperehensif tentang Project Based Learning adalah sebagai berikut :
  1. Project-based learning is curriculum fueled and standards based. Project Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menghendaki adanya standar isi dalam kurikulumnya. Melalui Project Based Learning, proses inquiry dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pada saat pertanyaan terjawab, secara langsung peserta didik dapat melihat berbagai elemen mayor sekaligus berbagai prinsip dalam sebuah displin yang sedang dikajinya.
  2. Project-based learning asks a question or poses a problem that each student can answer. Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menuntut pendidik mengembangkan pertanyaan penuntun (a guiding question). Mengingat bahwa masing-masing peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda, maka Project Based Learning memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menggali konten (materi) dengan menggunakan berbagai cara yang bermakna bagi dirinya, dan melakukan eksperimen secara kolaboratif. Hal ini memungkinkan setiap peserta didik pada akhirnya mampu menjawab pertanyaan penuntun.
  3. Project-based learning asks students to investigate issues and topics addressing realworld problems while integrating subjects across the curriculum. Project Based Leraning merupakan pendekatan pembelajaran yang menuntut peserta didik membuat “jembatan” yang menghubungkan antar berbagai subjek materi. Melalui jalan ini, peserta didik dapat melihat pengetahuan secara holistik. Lebih daripada itu, Project Based Learning merupakan investigasi mendalam tentang sebuah topik dunia nyata, hal ini akan berharga bagi atensi dan usaha peserta didik.
  4. Project-based learning is a method that fosters abstract, intellectual tasks to explore complex issues. Project Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memperhatikan pemahaman. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi dan mensintesis informasi melalui cara yang bermakna.

Gijbels (2005: 29)

Project Based Learning is used to refer to manycontextualized approaches to instructionthat anchor much of learning and teachingin concrete. This focus on concrete problemas initiating the learning process is central inmost definition of Project Based Learning. Jadi Project Based Learning adalah carapembelajaran yang bermuara pada prosespelatihan berdasarkan masalah‐masalahnyata yang dilakukan sendiri melaluikegiatan tertentu (proyek). Titik beratmasalah nyata yang dilakukan dalam suatuproyek kegiatan sebagai prosespembelajaran ini merupakan hal yang palingpenting.

John (2008: 374)

Project Based Learning adalah pembelajaran yang lebihmenekankan pada pemecahan problemotentik yang terjadi sehari‐hari melaluipengalaman belajar praktik langsung dimasyarakat.

Warsono & Harianto (2012: 153)

Pembelajaran berbasis proyek adalah suatu pengajaran yang mencoba mengaitkan antara teknologi dengan masalah kehidupan sehari-hari yang akrab dengan siswa, atau dengan suatu proyek sekolah.

Dalam pembelajaran ini, para siswa diharapkan melakukan sendiri penyelidikannya, bersama kelompoknya sendiri, sehingga memungkinkan para siswa dalam tim tersebut mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan melakukan penelitian dan pengamatan yang akan bermanfaat bagi pengembangan kemampuan akademis mereka. Para siswa tersebut merancang, memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan melakukan kegiatan penyelidikan sendiri untuk membuat suatu proyek. Hasil akhir proyek berupa suatu benda atau barang yang dapat berupa suatu karya tulis ilmiah, suatu model, film, vidio, Compact Disk (CD), DVD, replika, atau yang lain.

Pengertian Metode Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih