30 October 2016

Pengertian Model Pembelajaran Learning Cycle Menurut Para Ahli

Pengertian Model Pembelajaran Learning Cycle Menurut Para Ahli. Model siklus belajar pertama kali dikembangkan pada tahun 1970 dalam SCIS (Science Curriculum Improvement Study), suatu program pengembangan pendidikan sains di Amerika Serikat. Dalam pelaksanaannya model siklus belajar terdiri atas tiga fase, yaitu eksplorasi, pengenalan konsep dan penerapan konsep. Siklus di sini diartikan bahwa tahap-tahap tersebut dapat berulang. Agar lebi mudah memahami pengertian model pembelajaran learning cycle mari kita simak pendapat para ahli di bawah ini.

Baca juga:
Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Learning Cycle

Pengertian Model Pembelajaran Learning Cycle Menurut Para Ahli

1. Herron dan Lawson (dalam Dahar, 1989: 164)

Model pembelajaran learning cycle secara garis besar memiliki tiga fase sebagai sintak pembelajarannya, yaitu: fase eksplorasi, fase pengenalan konsep, dan fase aplikasi konsep. Siklus belajar merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntun siswa untuk dapat berfikir kongkrit.

2. Michael R. Abraham (1997: 1)

Learning Cycle(siklus belajar) adalah suatu model pembelajaran penyelidikan dasar yang dapat digunakan oleh guru dalam mendesign materi kurikulum dan strategi instruksional dalam sains. Pada tahap awalnya, siswa diberi pengalaman belajar untuk membangun konsepnya. Pengalaman belajar ini biasa dilakukan di laboratorium dan disebut fase eksplorasi (exploration). Tahap selanjutnya adalah fase pengenalan konsep (concept introduction) di mana siswa dan guru memperoleh konsep dari data. Fase ini biasanya terjadi selama diskusi kelas. Fase akhir; fase aplikasi (concept application), memberikan kesempatan pada siswa untuk mengekplorasi kegunaan dan aplikasi dari konsep.

3. Fajaroh dan Dasna (2007: 96-97)

Siklus belajar tiga fase seperti yang telah dikemukakan di atas, saat ini telah dikembangkan dan disempurnakan menjadi 5 fase. Pada siklus belajar 5 fase, ditambahkan tahap engagement sebelum exploration dan ditambahkan pula tahap evaluation pada bagian akhir siklus. Pada model ini, tahap concept introduction dan concept application masing-masing diistilahkan menjadi explaination dan elaboration. Karena itu, siklus belajar 5 fase sering dijuluki siklus belajar 5E (engagement, exploration, explaination, elaboration, dan evaluation).

4. Arindawati (2004: 86)

Model pembelajaran Learning cycle adalah model pembelajaran yang fleksibel, guru dapat menggunakan format pembelajaran yang berbeda (misalnya diskusi, praktikum, membaca dan informasi) pada tahap yang berbeda, dari kelima tahap tersebut boleh dirubah namun urutan tahapan tidak boleh dirubah atau dihilangkan salah satunya. Maka dengan model pembelajaran Learning cycle guru dapat merencanakan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa berani untuk mengungkapkan pendapat atau ide-idenya tanpa rasa takut, selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa yang disesuaikan dengan pengetahuan awal yang dimiliki siswa.

Demikianlah artikel pengertian model pembelajaran learning cycle menurut para ahli. Semoga bermanfaat.

Pengertian Model Pembelajaran Learning Cycle Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih