09 October 2016

Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Menurut Para Ali

Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Menurut Para Ali. Dalam kehidupan ini, Kita senantiasa berhadapan dengan berbagai masalah dan pilihan sehingga dituntut untuk mampu berpikir secara kritis dan kreatif dalam menyelesaikan suatu masalah. Itulah sebabnya mengapa siswa perlu dibiasakan untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Model pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Instruction (PBI) adalah pembelajaran berdasarkan rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang autentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada siswa untuk melakukan suatu penyelidikan.
Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Menurut Para Ali

Nurhadi (2004: 109) Mengungkapkan bahwa Pembelajaran berdasarkan masalah merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari mata pelajaran. Problem Based Instruction merupakan pengajaran menggunakan pendekatan pembelajaran siswa pada masalah autentik. Masalah autentik dapat diartikan sebagai suatu masalah kehidupan nyata yang ditemukan siswa. Masalah ini berfungsi sebagai sarana untuk penelitian dan inkuiri, menghasilkan pemecahan masalah dan mengkomunikasikannya kepada orang lain. Siswa dapat mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, menyusun sendiri pengetahuannya, melatih kemampuan berpikirnya, meningkatkan kepercayaan dirinya dan memandirikan siswa. Pemberian masalah autentik akan membantu siswa membentuk makna dari bahan-bahan pelajaran melalui proses belajarnya dan menyimpannya dalam ingatan yang sewaktu-waktu dapat diproses dan dikembangkan lagi.

Adapun ciri-ciri pembelajaran berbasis masalah (PBI) adalah mengorientasikan siswa pada masalah-masalah autentik, suatu pemusatan antar disiplin pengetahuan, penyelidikan autentik, kerjasama, menghasilkan karya (publikasi hasil) (Ibrahim: 2000:4). Model pembelajaran ini bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir di kalangan siswa lewat latihan penyelesaian masalah, oleh sebab itu siswa dilibatkan dalam proses maupun perolehan produk penyelesaiannya. Dengan demikian model ini juga akan mengembangkan keterampilan berpikir lewat fakta empiris maupun kemampuan berpikir rasional, sehingga latihan yang berulang-ulang ini dapat membina keterampilan intelektual dan sekaligus dapat mendewasakan siswa. Siswa berperan sebagai self-regulated learner, artinya lewat pembelajaran model ini siswa harus dilibatkan dalam pengalaman nyata atau simulasi sehingga dapat bertindak sebagai seorang ilmuwan atau orang dewasa. Model ini tentu tidak dirancang agar guru memberikan informasi sebanyakbanyaknya kepada siswa, tetapi guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran dengan upaya memberikan dorongan agar siswa bersedia melakukan sesuatu dan mengungkapkannya secara verbal.

Berdasarkan uraian tersebut tampak jelas bahwa pembelajaran dengan model PBI dimulai oleh adanya masalah (dapat dimunculkan oleh siswa atau pembelajar), kemudian siswa memperdalam pengetahuannya tentang apa yang mereka telah ketahui dan apa yang mereka perlu ketahui untuk memecahkan masalah tersebut. Siswa dapat memilih masalah yang dianggap menarik untuk dipecahkan sehingga mereka terdorong berperan aktif dalam belajar.

Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Menurut Para Ali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih