27 October 2016

Pengertian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli

Pengertian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli. Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau sering disingkat MGMP merupakan hal yang akrap kita dengar di lingkungan pendidikan. Bagi seorang guru tenunya sudah tidak asing lagi bahkan wajib hukumnya untuk mengikuti kegiatan yang satu ini. Agar lebih mudah dalam memahami mari kita simak bersama di bawah ini penjelasan dari ahli seputar MGMP.

Pengertian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli

Depdiknas (2009: 4)

Mengungkapkan bahwa MGMP adalah wadah kegiatan profesional bagi para guru mata pelajaran yang sama pada jenjang SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA.SMALB, dan SMK/MAK di tingkat kabupaten/kota yang terdiri dari sejumlah guru dari sejumlah sekolah.

Sutrisno (2009)

Mengungkapkan bahwa MGMP adalah suatu wadah asosiasi atau perkumpulan bagi guru mata pelajaran yang berada di suatu sanggar, kabupaten/kota yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, belajar, dan bertukar pikiran dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi/pelaku perubahan reorientasi pembelajaran di kelas.

Berdasarkan pendapat di atas dapat diambil suatu makna bahwa pengertian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah sebuah wadah organisasi guru mata pelajaran yang beranggotakan guru yang membidangi mata pelajaran yang sama serta berada dalam satu kabupaten/kota yang sama untuk dapat meningkatkan kinerja guru.

Pengertian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih