08 October 2016

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli. Berbicara tentang nilai historis atau nilai sejarah, terlebih dahulu kita harus mengetahi tentang sejarah itu sendiri. Istilah sejarah berarti pariwisata, kejadian atau apa yang terjadi di masa lampau. Lebih dari itu sejarah selalu berarti sejarah manusia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Peristiwa atau kejadian alam dimana lampau seperti proses terjadinya bumi tidak termasuk pengertian sejarah. Pengertian sejarah sebagai peristiwa ini menyangkut makna dasar dari istilah sejarah. Dengan demikian makna dasar sejarah adalah peristiwa, kejadian, aktivitas manusia yang terjadi pada masa lampau. Dikutip dari beberapa ahli pengertian sejarah dibawah ini sebagai berikut:

R.G Collingwood (dalam Daliman 2012: 2)

Sejarah sebagai kisah atau rerum gestarum (kisah dari peristiwa yang telah terjadi). Sejarah sebagai kisah adalah sejarah dalam pengertian subjektif. Sejarah sebagai kisah adalah rekaan hasil rekonstruksi manusia.

Bertens (dalam Daliman 2012: 2)

Sejarah sebagai kisah ini sebagai sejarah yang dicatat atau sejarah yang tersurat. Dalam pengertian sejarah di atas, ada batasan yang menjadi pedoman tentang makna sejarah. Bahwa sejarah adalah sebuah peristiwa yang pernah terjadi dimasa lalu, dimana rangkaian peristiwa tersebut disusun berdasarkan urutan waktu, proses kejadian serta disertai keterangan tempat dimana sebuah kejadian terjadi. Hal inilah yang menjadi sebuah pembeda antara pengertian dari sejarah dan kisah fiksi. Sebab, kisah sejarah merupakan sebuah kondisi nyata yang sudah pernah dialami oleh seseorang dimasa lalu pada suatu waktu. Sementara, fiksi hanyalah sebuah kisah yang berisi imajinasi dari seorang penulisnya. Dan kisah yang ada didalam fiksi bisa jadi bukan merupakan kisah nyata. Kisah sejarah ini bisa menjadi penghias dari kisah fiksi.

Sebagai contoh, guru sejarah yang mampu berkisah tentang peristiwa yang harus diketahui oleh siswanya akan menjadi guru yang sangat dinanti. Sejarah yang dikisahkan itu akan berbumbu. Bumbu yang sedap inilah yang akan membuat kisah sejarah menjadi suatu rangkaian yang indah urutan yang akan dikenal dan diambil pelajarannya.

Pelajaran dan pengertian sejarah sudah diberikan kepada seseorang sejak duduk dibangku sekolah dasar. Hal ini karena dalam pelajaran sejarah, terdapat nilai penting yang bermanfaat dalam menentukan pemahaman dan pola pikir seseorang. Beberapa nilai penting dalam mempelajari sejarah ialah diantaranya adalah dengan sejarah, kita bisa memiliki gambaran dan pengetahuan tentang proses kehidupan yang terjadi dimasa lampau termasuk pada zaman purbakala.

Dalam sejarah, seseorang bisa mendapatkan pemahaman dan ilmu pengetahuan tentang perilaku manusia dimasa lampau. Kehidupan masa lampau itu sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan dimasa yang akan datang. Sebab dengan belajar dari sejarah, seseorang akan bisa memiliki media untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih