07 October 2016

Perbedaan Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan Menurut Para Ahli

Perbedaan Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan Menurut Para Ahli. Istilah pendidikan, pengajaran, dan pelatihan merupakan kata-kata yang akrab ditelinga kita terutama dalam dunia pendidikan. Ketiga hal tersebut seringkali disama artikan dan sama pula pada pelaksanaannya. Namun siapa sangka bahwa ketiga hal tersebut sebenarnya berbeda. Agar lebih mudah dalam memahami perbedaan antara pendidikan, pengajaran, dan pelatihan dengan sumber ahli pendidikan terpercaya pada kesempatan kali ini penulis menyampaikan dengan amat sangat sederhana. Semoga dapat menambah waswasan pembaca.

Pengertian dan Perbedaan antara Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan Menurut Para Ahli
Pendidikan merupakan aktivitas pengembangan diri melalui pengalaman, bertumpu pada kemampuan diri belajar dibawah bimbingan pengajar. Sedangkan pengajaran merupakan aktivitas mebgarahkan, memberikan kemudahan bagaimana cara menemukan sesuatu berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh pelajar. 
Pada dasarnya. Pendidikan lebih menekankan pada pembentukan manusia (penanaman sikap dan nilai-nilai), memakan waktu yang relative panjang, metode lebih bersifat psikologis dan pendekatan manusiawi, membutuhkan wadah menetap meskipun isi nevariasi dan berubah 
Sedangkan pengajaran lebih menekankan pada penguasaan wawasan,transfer ilmu pengetahuan, menekankan IPTEK dan Skill memakan waktu yang relative pendek, metode bersifat rasional, teknik dan praktis. Dan hanya menekankan pada isi dan metode pengajaran. 
Dan pelatihan lebih menekankan pada peningkatan keterampilan (skill) dan kemampuan sumber daya yang ada pada manusia yang ditempuh dengan latihan-latihan.

Kesimpulan

  1. Pendidikan adalah humanisasi, yaitu upaya memanusiakan manusia atau upaya membantu manusia agar mampu mewujudkan diri sesuai dengan martabat kemanusiaannya.
  2. Pengajaran adalah aktivitas nyata mengajarkan pengetahuan (transfer knowledge), serta meningkatkan kecerdasan dan pengendalian emosinya sehingga seseorang mampu survive di dalam kehidupannya.
  3. Pelatihan merupakan serangkaian aktivitas yang memberikan kesempatan dan meningkatkan keterampilan (skill) yang berkaitan dengan pekerjaan.

Perbedaan Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih