29 October 2016

Tujuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli

Tujuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli. MGMP merupakan wadah bagi guru mata pelajaran untuk berkomunikasi, berkonsultasi, dan bertukar pikiran tentunya memiliki sebuah tujuan.
Tujuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli

Sumar Hendayana, dkk (2009: 37)

Dikutip dari pedoman yang diterbitkan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, MGMP memiliki 5 tujuan berikut:
  1. Mendorong guru untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan belajar dan mengajar.
  2. Wadah untuk perundingan masalah yang dihadapi para guru dalam melaksanakan kewajiban sehari-hari mereka dan untuk mencari pemecahan yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang bersangkutan, guru, kondisi sekolah, dan masyarakat.
  3. Memberi kesempatan bagi para guru untuk berbagi informasi dan pengalaman mengenai pelaksanaan kurikulum, serta untuk mengembangkan sains dan teknologi.
  4. Menyediakan kesempatan bagi para guru untuk menyampaikan pendapat mereka pada pertemuan MGMP sehingga meningkatkan kemampuan mereka.
  5. Membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga lain untuk menciptakan proses belajar mengajar yang kondusif, efektif dan menyenangkan.

Sutrisno (2009)

Adapun tujuan dari menurut Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Umum.

Secara umum tujuan MGMP adalah untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi dalam meningkatkan profesionalisme guru.

2. Tujuan Khusus.

Secara khusus tujuan MGMP adalah sebagai berikut:
  • Memperluas wawasan dan pengetahuan guru mata pelajaran dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  • Mengembangkan kultur kelas yang kondusif sebagai tempat proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan dan mencerdaskan siswa. 3) membangun kerja sama dengan masyarakat sebagai mitra guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1998: 5)

Mengungkapkan tujuan dari MGMP adalah sebagai berikut:
  1. Menumbuhkan kegairahan guru umtuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan belajar-mengajar (KBM) dalam rangka meningkatkan sikap percaya diri sebagai guru.
  2. Menyetarakan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan.
  3. Mendiskusikan permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari cara penyelesaian yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, guru, kondisi sekolah dan lingkungan.
  4. Membantu guru memperoleh informasi teknis edukatif yang berkaitan dengan kegiatan keilmuan dan Iptek, kegiatan pelaksanaan kurikulum, metodologi, dan sistem evaluasi sesuai dengan mata pelajaran yang bersangkutan.
  5. Saling berbagi informasi dan pengalaman dalam rangka menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Tujuan-tujuan tersebut mencerminkan kegiatan yang baik untuk dilakukan oleh guru. Dengan adanya tujuan yang sudah jelas dari MGMP maka kualitas,kesetaraan, kemampuan dalam pembelajaran serta penemuan-penemuan baru tentang strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan hal-hal yang mendukung pelaksanaan pembelajaran akan terealisasi dengan baik.

Tujuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih