03 November 2016

Pengertian Metode Pembelajaran Problem Solving Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Pembelajaran Problem Solving Menurut Para Ahli. Metode pembelajaran problem solving adalah suatu metode bcrpikir dan memecahkan masalah. Dalam hal ini siswa dihadapkan pada suatu masalah, kemudian diminta untuk memecahkannya. Dalam 'bahasa perencanaan', masalah adalah perbedaan antara kondisi yang ada (objektif) dengan kondisi yang diharapkan. Dalam pembelajaran matematika di sekolah, suatu masalah (seal) menjadi tantangan yang tidak dapat segera diselesaikan dengan prosedur rutin yang diketahui oleh siswa.

Baca juga:
Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Problem Solving
Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Problem Solving
Pengertian Metode Pembelajaran Problem Solving Menurut Para Ahli
Problem Solving

Pranata (2005: 3)

Mengungkapkan problem solving adalah suatu proses belajar mengajar yang berupa penghilangan perbedaan atau ketidaksesuaian yang terjadi antara hasil yang di peroleh dengan yang diinginkan. 

Prawiro (1986: 36)

Sejalan dengan pendapat sebelumnya bahwa problem solving adalah metode mengajar dengan jalan menghadapkan siswa pada suatu masalah yang harus dipecahkan oleh siswa sendiri dengan mengarahkan segala kemampuan yang ada pada diri siswa tersebut.

Tjadimojo (2001: 3)

Ciri-ciri metode pembelajaran problem solving menurut Tjadimojo (2001: 3) yaitu :
  1. Metode problem solving merupakan rangkaian pembelajaran artinya dalam implementasi problem solving ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa.
  2. Aktivitas pembelajaran diarahkan untuk menyelesaikan masalah, metode ini menempatkan sebagai dari proses pembelajaran.
  3. Pemecahan masalah.

Pengertian Metode Pembelajaran Problem Solving Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

1 komentar:

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih