11 November 2016

Pengertian Metode Pembelajaran Role Playing Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Menurut Para Ahli. Pembelajaran berdasarkan pengalaman yang menyenangkan di antaranya adalah role playing (bermain peran), yakni suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Mulyono (2012: 44) mengungkapkan bahwa metode bermain peran atau role playing adalah salah satu proses belajar yang tergolong dalam metode simulasi.

Pengertian Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Menurut Para Ahli
Metode Pembelajaran Role Playing

Metode role playing (bermain peran) juga dapat diartikan suatu cara penguasaan bahan-bahan melalui pengembangan dan penghayatan anak didik. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan oleh anak didik dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Dengan kegiatan memerankan ini akan membuat anak didik lebih meresapi perolehannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan metode bermain peran ini adalah penentuan topik, penentuan anggota pemeran, pembuatan lembar kerja (kalau perlu), latihan singkat dialog (kalau perlu) dan pelaksanaan permainan peran (Syaiful Bahri Djamarah, 2005: 237).

Pengalaman belajar yang diperoleh dari metode ini meliputi: kemampuan bekerjasama, komunikatif, dan menginterprestasikan suatu kejadian. Melalui bermain peran peserta didik mencoba mengeksplorasi hubungan-hubungan antar manusia dengan cara memperagakan dan mendiskusikannya, sehingga secara bersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan-perasaan, sikap-sikap, nilai-nilai dan berbagai strategi pemecahan masalah (Syaiful Bahri Djamarah, 2005: 238).

Berdasarkan pendapat para ahli di atas penulis memberikan kesimpulan bahwa metode pembelajaran role playing adalah metode pembelajaran yang di dalamnya menampakkan adanya perilaku purapura dari siswa yang terlihat atau peniruan situasi dari tokoh-tokoh sejarah sedemikian rupa. Dengan demikian metode bermain peran adalah metode yang melibatkan siswa untuk pura-pura memainkan peran/tokoh yang terlibat dalam proses sejarah atau perilaku masyarakat misalnya bagaimana menggugah masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya.

Referensi:
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press.

Baca juga: 
Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Role Playing 
Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Role Playing

Pengertian Metode Pembelajaran Role Playing Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih