19 November 2016

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli. Beberapa ahli memberikan pengertian seputar organisasi.  Masing-masing memberikan pengertian yang semakin memperjelas hakekat organisasi. Agar lebih memahami pengertian organisasi penulis sajikan di bawah ini sebagai berikut:

1. James D. Mooney

Organization is the form of every human association for the attainment of common purposes. Artinya Organisasi merupakan bentuk dari setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama.

2 John D. Millet

Organization is people working together, and so it takes on characteristics of human relationships which are involved in group detivity. Artinya Organisasi adalah orang-orang yang bekerjasama dengan mengandung cirri-ciri dari hubungan kemanusiaan yang timbul di dalam kegiatan kelompok.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Organisasi

3. Dwight Waldo

Organization is the structure of authoritative and habitual personal interrelations in an administrative systems. Artinya Organisasi merupakan struktur daripada hubungan-hubungan atas dasar wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.

4. Chester I. Barnard

Organization is a system of cooperation activities of two or more persons something intangible and impersonal, largely a matter of relationships. Artinya Organisasi merupakan suatu sistem usaha bersama antara dua orang atau lebih, sesuatu yang tidak berwujud dan tidak bersifat pribadi, yang sebagia besar mengenai hubungan-hubungan kemanusiaan.

5. Herbert A. Simon

Organization is the complex pattern of communication and other relations in a group of human being. Artinya Organisasi merupakan pola kominikasi yang kompleks dan hubungan-hubungan lain dalam suatu kelompok manusia.

6. S. Prajudi Atmosudirdjo

Organisasi itu sebagi struktur-tata pembagian kerja dan struktur tata-hubungan kerja antara sekelompok orang-orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai suatu tujuan yang tertentu.

7. Sondand P. Siagian

Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama dan terikat secara formal dalam suatu ikatan hirarki di mana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

8. Edgar Schein (1973)

An organization is the rational coordination of the activities of a number of people for the achievement of some common explicit purpose or goal, through devision of labor function, and through a hierarchy of outhority and responcibility.

9. Ananda W.P. Guruge (1977)

Organization is defined as arraging a complex of tasks into manageable units and defining the formal relationships among the people who are assigned the various tasks.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas maka penulis memberikan simpulan bahwa organisasi merupakan suatu bentuk kerjasama antara sekelompok orang yang tergabung dalam suatu wadah tertentu guna mencapai tujuan bersama seperti yang telah ditetapkan bersama. Atau pada intinya organisasi adalah koordinasi secara rasional kegiatan sejumlah organisasi untuk mencapai tujuan bersama yang dirumuskan secara eksplisit, melalui pengaturan dan pembagian kerja serta melalui herarki kekuasaan dan tanggung jawab.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih