12 November 2016

Tujuan Bimbingan Belajar Menurut Para Ahli

Tujuan Bimbingan Belajar Menurut Para Ahli. Belajar ialah membantu siswa agar mendapat penyesuaian yang baik dalam situasi harapkan setiap siswa dapat belajar dengan sebaik mungkin, sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirinya (Djumhur dan Muhammad Surya, 1978: 35).

Menurut Syamsu Yusuf dan Juntika Nurihsan (2005: 15) tujuan dari bimbingan belajar adalah:
  1. Agar siswa memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif, seperti kebiasaan membaca buku, disiplin dalam belajar, mempunyai perhatian terhadap semua pelajaran, dan aktif mengikuti semua kegiatan belajar yang diprogramkan. 
  2. Memiliki motif yang tinggi untuk belajar sepanjang hayat. 
  3. Memiliki keterampilan atau teknik belajar yang efektif, seperti keterampilan membaca buku, menggunakan kamus, mencatat pelajaran, dan mempersiapkan diri menghadapi ujian. 
  4. Memiliki keterampilan menetapkan tujuan dan perencanaan pendidikan, seperti membuat jadwal belajar, mengerjakan tugas-tugas, memantapkan diri dalam pelajaran tertentu, dan berusaha memperoleh informasi tentang berbagai hal dalam rangka mengembangkan wawasan yang lebih luas. 
  5. Memiliki kesiapan mental dan kemampuan untuk menghadapi ujian. 
Tujuan Bimbingan Belajar Menurut Para Ahli.
Berdasarkan dari tujuan-tujuan bimbingan belajar yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan dari layanan bimbingan belajar adalah membantu siswa mencapai keberhasilan belajar dan mengembangkan semua potensi siswa secara optimal dengan cara memberikan motivasi untuk belajar sepanjang hayat melalui kebiasaan kegiatan belajar yang positif dan efektif sesuai dengan kemampuan, minat, dan kesempatan yang ada untuk mencapai tujuan dari perencanaan pendidikan dengan kesiapan mental agar siswa mampu mandiri dalam belajar. 

Referensi:
Djumhur dan Muhammad Surya. 1978. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV Ilmu.
Syamsu Yusuf dan A. Juntika Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tujuan Bimbingan Belajar Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih