24 January 2017

20 Manfaat Meditasi dalam Agama Buddha

20 Manfaat Melaksanakan Meditasi dalam Agama Buddha. Agama Buddha dan meditasi merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan lagi. Dasar dalam ajaran Buddha tidak akan jauh dari perhatian pikiran dalam setaip melakukan sesuatu. Hal tersebut merupakan pengertian mediatasi secara singkat dalam Agama Buddha. Meditasi dalam agama Buddha adalah mediatsi yang benar (Samma Samadhi). Benar disini artita adalah mediatasi untuk mengkikis keserakahan (lobha), kebencian (dosa), dan kegelapan batin (moha).

Melaksanakan meditasi tentunya akan membawa mnfaat yang baik dalam kehidupan ini maupun dalam kehidupan yang akan datang. Namun pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi manfaat mediatasi dalam agama Buddha dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi memberikan manfaat bagi mereka yang melaksanakannya. Manfaat yang timbul dalam kehidupan sehari-hari dari melaksanakan praktek meditasi, yaitu:
Baca juga : Kumpulan Teori dan Artikel Agama Buddha
Baca juga : Kumpulan Teori dan Artikel Meditasi
Manfaat Melaksanakan Meditasi dalam Agama Buddha
Manfaat Melaksanakan Meditasi dalam Agama Buddha
  1. Bagi orang yang selalu sibuk, meditasi akan menolong dia untuk membebaskan diri dari ketegangan dan mendapatkan relaksasi atau pelemasan.
  2. Bagi orang yang sedang bingung, meditasi akan menolong dia untuk menenangkan diri dari kebingungan dan mendapatkan ketenangan yang bersifat sementara maupun yang bersifat permanen (tetap).
  3. Bagi orang yang mempunyai banyak permasalahan yang tidak ada akhirnya, meditasi akan menolong dia untuk menimbulkan ketabahan dan keberanian serta mengembangkan kekuatan untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut.
  4. Bagi orang yang kurang percaya diri, meditasi akan menolong dia untuk mendapatkan kepercayaan kepada diri sendiri yang sangat dibutuhkannya itu.
  5. Bagi orang yang mempunyai rasa takut dalam hati atau kebimbangan, meditasi akan menolong dia untuk mendapatkan pengertian terhadap keadaan atau sifat yang sebenarnya dari hal-hal yang menyebabkannya takut dan selanjutnya dia akan dapat mengatasi rasa takut itu dalam pikirannya.
  6. Bagi orang yang selalu merasa tidak puas terhadap segala sesuatu dalam lingkungannya atau dalam kehidupan ini, meditasi akan memberikan dia perubahan dan perkembangan yang menuju pada kepuasan batin.
  7. Bagi orang yang pikirannya sedang kacau dan berputus asa karena kurangnya pengertian akan sifat kehidupan dan keadaan ini, meditasi akan menolong dia untuk memberikan pengertian padanya bahwa pikirannya itu kacau untuk hal-hal yang tidak ada gunanya.
  8. Bagi orang yang ragu-ragu dan tidak begitu tertarik kepada agama, meditasi akan menolong dia untuk mengatasi keragu-raguannya itu dan untuk melihat segi-segi serta nilai-nilai yang praktis dalam bimbingan agama.
  9. Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, meditasi akan menolong dia untuk menimbulkan dan mebguatkan ingatannya serta untuk belajar lebih seksama dan lebih efisien.
  10. Bagi orang yang kaya, meditasi akan menolong dia untuk dapat melihat sifat dan kegunaan dari kekayaannya itu, bagaimana cara menggunakan harta tersebut untuk kebahagiaan dirinya sendir dan kebahagiaan orang lain.
  11. Bagi orang miskin, meditasi akan menolong dia untuk memiliki rasa puas dan ketenangan serta tidak melampiaskan rasa iri hati terhadap orang lain yang lebih mampu daripadanya.
  12. Bagi seorang pemuda yang sedang berada dalam persimpangan jalan dari kehidupan ini dan dia tidak tahu jalan mana yang akan ditempuhnya, meditasi akan menolong dia untuk mendapatkan pengertian dalam menempuh salah satu jalan yang akan membawa ke tujuannya.
  13. Bagi orang yang telah lanjut usia yang telah bosan dengan kehidupan ini, meditasi akan menolong dia ke dalam pengertian yang lebih mendalam mengenai kehidupan ini, dan pengertian tersebut akan member dia kelegaan dan kebebasan dari penderitaan serta pahit getirnya kehidupan ini, dan akan menimbulkan kegairahan yang baru bagi dirinya.
  14. Bagi orang yang mudah marah, meditasi akan menolong dia mengembangkan kekuatan kemauan untuk mengatasi kelemahan-kelemahanya.
  15. Bagi orang yang bersifat iri hati, meditasi akan menolong dia untuk mengerti tentang bahayanya sifat iri hati itu.
  16. Bagi orang yang diperbudak oleh panca inderanya, meditasi akan menolong dia untuk belajar menguasai nafsu-nafsu dan keinginannya itu.
  17. Bagi orang yang telah ketagihan minuman keras yang memabukkan, meditasi akan menolong dia untuk menyadari dirinya dan melihat cara mengatasi kebiasaaan yang berbahaya itu yang telah memperbudak dan mengikat dirinya.
  18. Bagi orang yang tidak terpelajar atau bodoh, meditasi kan memberikan dia kesempatan untuk mengenal diri dan mengembangkan pengetahuan-pengetahuan yang sangat berguna untuk kesejahteraan diri sendiri dan untuk keluarga serta handai taulannya.
  19. Bagi orang yang sungguh-sungguh melakukan latihan meditasi yang benar ini, maka nafsu-nafsu dan emosinya tak mempunyai kesempatan untuk memperbodohi dirinya lagi.
  20. Bagi orang yang bijaksana, meditasi akan membawa dia kepada kesadaran yang lebih tinggi dan pencapaian penerangan sempurna, dia akan dapat melihat segala sesuatu dengan sewajarnya dan tidak akan teseret lagi kedalam permasalahan.
Selanjutnya dalam agama Buddha meditasi yang benar itu dipergunakan untuk membebaskan diri dari segala penderitaan untuk mencapai nibbana.
20 Manfaat Meditasi dalam Agama Buddha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih