11 January 2017

Hikmah Melaksanakan Shalat dalam Agama Islam

Hikmah Melaksanakan Shalat dalam Agama Islam. Hikmah disyariatkan shalat ialah bahwa shalat itu dapat membersihkan diri dan mensucikannya, membiasakan hamba Allah agar senantiasa bermunajat kepada Allah di dunia dan agar bisa hidup di sisi-Nya di akhirat kelak (Abu Bakar Jabir El-Jazari, 1997: 53).

Hikmah-hikmah yang ditimbulkan dari shalat sebagaimana banyak diterangkan dalam Al-Quran dan hadist Rasul SAW, antara lain:
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Agama Islam
Hikmah Melaksanakan Shalat dalam Agama Islam
Hikmah Shalat

1. Mendekatkan diri kepada Allah

Mendekatkan diri kepada Allah memang langkah yang bagus adalah dengan melaksanakan shalat. Dengan shalat kita sudah termasuk membangun agama islam artinya sudah termasuk salah satu cara untuk menegakkan agama Allah.

2. Mencegah dari sifat keji dan mungkar

Firman Allah SWT :
“…dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar…”. (QS. Al-Ankabut : 45).

Hikmah besar yang ditimbulkan oleh shalat adalah terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

3. Shalat menimbulkan jiwa yang tenang

Firman Allah SWT :
“…dan dirikanlah shalat untuk mengingat aku…”. (QS. Thahaa : 14).

Salah satu hikmah shalat ialah bisa menimbulkan ketenangan bagi diri seseorang. Jiwa yang tenang merupakan sebuah tingkat lanjutan yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya. Pada tingkat ketenangan, seseorang bisa merasa puas pada kehidupan, pekerjaan, dan keluarga.

4. Memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab

Dengan melakanakan shalat, seseorang akan menumbuhkan sikap disiplin, yang dimaksud disiplin disini adalah ketepatan waktu dan kekhusyuan seseorang dalam mengerjakan shalat setiap hari. Dengan pengaturan waktu shalat, akan membuat dampak atau efek disiplin dalam hidup kita. Dengan melaksanakan kewajiban shalat, seseorang dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya waktu dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam panggilan shalat dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab manusia sebagai hamba Allah atas kewajiban yang harus dilaksanakan, shalat yang ditentukan waktunya oleh Allah untuk mengingatkan manusia akan tanggung jawabnya (Siti Nur Asyiah, 2010: 23-26).

Referensi:
Abu Bakar Jabir El-Jazari. 1997. Pola Hidup Muslim (Minhajul Muslim), Thaharah, Ibadah, dan Akhlak. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Siti Nur Asyiah. 2010. (skripsi) Korelasi Kedisiplinan Ibadah Shalat Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di SMU Bina Taruna Surabaya. Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hikmah Melaksanakan Shalat dalam Agama Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Patmasari Kumala

0 komentar:

Post a Comment

Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih